Reza Reginaldo: Samsung Ekspansi Store di Luar Mall Kota Surabaya

Head Exclusive Brand Store Samsung Reza Reginaldo, Deputy CEO Bumilindo, Cecep Setiawira dan General Manager Buminet Wahyudi saat pembukaan Samsung Store di G Walk, Surabaya, Jumat (27/5). (achmad tauriq/bhirawa)

Surabaya, Bhirawa.
Samsung terus berusaha memanjakan konsumennya dengan merilis sejumlah produk baru juga gerai baru guna menjemput potensi tersebut.

Untuk itu produsen ponsel asal Korea Selatan ini gencar membuka store atau toko di luar mall. Tidak hanya di jalan kota tier 2 dan 3, melainkan juga menyasar jalan di perumahan menengah atas, salah satunya di G Walk di Surabaya.

Head Exclusive Brand Store Samsung, Reza Reginaldo mengungkapkan mulai tahun 2022 hingga selanjutnya Samsung akan lebih fokus pada segmentasi di jalan atau road yang terpisan dari pusat perbelanjaan. Karena di pusat perbelanjaan pastinya sudah ada gerai Samsung.

”Berhubung ada Covid-19 di tahun 2020 dan berlanjut, segmentasi di jalan bisa survive bahkan bisa sebagus di mall. Konsumen ini kan tidak selalu datang ke mall terutama pada saat pandemi,” terang Reza seusai pembukaan Samsung Store G Walk di Surabaya, Jumat (27/5)

Reza menambahkan ekspansi store di luar mall utamanya akan dilakukan di kota-kota tier dua dan tiga. ”Atau juga di kota tier 1 yang areanya prominent. Potensi pasar tetap tinggi dan saat ini kondisi penjualan ponsel sudah mendekat normal seperti sebelum covid,” ujarnya.

Sementara itu Deputy CEO Bumilindo, Cecep Setiawira menambahkan pemilihan area G Walk menjadi lokasi Samsung Store diantaranya karena wilayah ini cukup padat dengan trafik pengunjung yang tinggi di Surabaya Barat.

”G Walk ini merupakan destinasi kuliner sekaligus untuk hang out dan olahraga juga jadi tingkat kunjungan ke area ini sangat tinggi. Meski penjualan online meningkat, keberadaan store offline masih sangat penting karena konsumen yang memilih ponsel diatas Rp 3 juta pastinya ingin melihat langsung dan mencobanya,” jelas Cecep.

Cecep mengaku tidak risau dengan penjualan online yang makin diminati konsumen, tidak mengurangi kunjungan ke store offline. Tidak semua calon konsumen yakin dengan hanya melihat gambar dan membeli online. Banyak diantara mereka yang justru masih ingin berkunjung ke store offline melihat langsung dan mencoba sebelum membelinya.

Samsung store di G Walk ini merupakan monobrand store Samsung yang ke-830 di Indonesia. Sementara di Surabaya ada sekitar 40 store monobrand Samsung. Dari jumlah tersebut, 20 diantaranya berada di luar mall.

Regional Sales Manager Samsung Jatim Bali dan Nusa Tenggara, Achmadi Wendhy mengatakan penjualan ponsel Samsung di area yang dipimpinnya tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

”Untuk penjualan tertinggi, lebih dari 50 persen merupakan ponsel dengan harga di bawah Rp3 juta dan sisanya adalah ponsel middle dan premium,” pungkasnya. [riq.hel]

Tags: