Ribuan Linmas Ikuti Sosialisasi Pengamanan Pemilu

4-linmasMadiun, Bhirawa
Ribuan anggota Perlindungan Masyarakat (linmas) Kota Madiun,  mengikuti sosialisasi pengamanan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, di Gedung Olah Raga (GOR) Kota Madiun, Kamis (3/4).
Acara yang diselenggarakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Madiun ini, diikuti 1.299 Satlinmas dan dibuka langsung oleh Walikota Madiun, Bambang Irianto.
Kepala Satpol PP Kota Madiun, Bambang Subanto, mengatakan, dari 1.299 Linmas yang disiagakan dalam Pemilu, 1.050 personel ditempatkan di 525 Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau masing-masing TPS akan dijaga oleh dua linmas. Sedangkan 249 Linmas, akan disiagakan untuk penjagaan diluar TPS. Diantaranya Kelurahan dan Kecamatan.
“Untuk materi sosialisasi, ada tiga macam. Yakni wawasan kebangsaan, teknik pengamanan dan terkait penyelenggaraan pelaksanaan pemungutan suara. Kalau yang menyampaikan materi, dari KPU, Kodim 0803 dan Polres Madiun Kota,” kata Kepala Satpol PP Kota Madiun, Bambang Subanto, kepada wartawan.
Dari total 1.299 anggota Linmas, lanjut Bambang, 864 orang sudah pernah menjalani pendidikan dan latihan (Diklat) dasar. Sedangkan yang lainnya, akan menjalani Diklat susulan,” pungkas Bambang.
Walikota Madiun, Bambang Irianto, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkota) Madiun, memberikan apresisasi kepada Linmas yang bekerja untuk kegiatan sosial. Karena itu, dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres nanti, Pemkot meminta kepada Linmas untuk bekerja sesuai dengan tugas, pokok dan
fungsinya guna mengamankan dan mensukseskan Pemilu 2014.
“Linmas hari ini dikumpulkan, untuk membantu pengamanan Pileg dan Pilpres. Ya kita berikan apresiasi kepada mereka. Karena mereka telah bekerja secara sosial tanpa gaji. Kalau untuk tahun berikutnya, akan kita pikirkan. Kalau sekarang kita hanya menghimbau saja, mau diarahkan kemana. Khan kita belum ngasih mereka apa-apa. Kita harus berterima kasih kepada mereka,” tegas Walikota Madiun, Bambang Irianto.
Sementara itu terkait honor Linmas pada pelaksanaan pemilu 2014 yang include di KPU, masing-masing Linmas akan mendapatkan Rp.250 ribu dipotong pajak Rp.15 ribu. Selain itu, juga mendapat uang makan Rp.25 ribu. [dar]

Tags: