Ribuan Penghafal Alquran di Wisuda

Suasana di Gedung EDC para penghafal Alquran yang merupakan para pelajar dari 100 lembaga pendidikan tingkat MI hingga MA se Kabupaten Bondowoso diwisuda. [ihsan kholil]

Pemkab akan Berikan Bea Siswa Kepada Penghafal Terbaik
Bondowoso, Bhirawa
Sebanyak 1.856 penghafal Alquran diwisuda Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin, di Gedung Education Development Center (EDC), Sabtu (30/11). Mereka merupakan pemuda yakni pelajar dari 100 lembaga pendidikan setingkat MI hingga MA se-Kota Tape yang mengikuti Bondowoso Menghafal Alquran (BMA) pada tahun ke lima ini.
Menurut Rahmatullah, Kepala Bagian Kesejehateraan Pemkab, secara terperinci masing – masing penghafal Alquran itu mengikuti hafalan dengan berbagai paket dalam BMA. Diantaranya, untuk paket satu menghafal Juz Amma dengan jumlah penghafal mencapai 1.132. Kemudian, paket dua mengahafal juz satu sampai dengan juz tiga sebanyak 74 orang.
“Paket tiga menghafal surat Yasin, Ar Rahman dan Al Waqiah sejumlah 313 orang. Paket empat yang hafal surat Al Kahfi dan surat Al mulk sejumlah 35 sedangkan paket lainnya 302. Sementara yang hafal 30 Juz ada tujuh orang,”jelasnya.
Bupati Bondowoso, Drs KH Salwa Arifin menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bondowoso sangat mendukung kepada para generasi muda yang meghafal Alquran. Kepada yang hafal Aluran akan disiapkan beasiswa.
“Tidak hanya itu kedepan In Sya Allah akan disediakan beasiswa bagi peserta anak yang terbaik, siap-siap menjadi wisudawan yang terbaik, akan diupayakan beasiswa,” katanya.
Orang nomor satu di Bondowoso itu, mengucapkan selamat kepada yang telah di wisuda. Ia berharap, hafalanya bisa ditambah dan tetap dikuasai. ”Upayakan ditingkatkan lagi lebih dari itu sehingga Bondowoso menjadi bumi yang Qurani. Generasi mudanya 20 sampai 30 tahun kedepan, Bondowoso akan dipimpin oleh orang-orang yang hafal Alquran, seperti bidan, dokter, Kecamatan, Pimpinan Daerah dan politikus, semuanya adalah anda sekalian yang akan memimpin Bondowoso masa depan. Soal pekerjaan, profesi, yang terbaik, yang penting di hati saudara berisi Al Qur’an,” terangnya.
Bupati Salwa mengapresisasi dengan peningkatan jumlah peserta wisuda yang dibandingkan tahun sebelumnya, hanya 1.400. Kendati demikian Bupati berharap tahun depan akan lebih meningkat lagi ke angka 4 ribu sampai 5 ribu peserta.
Tak lupa, Bupati juga berpesan kepada para wali santri atau orang tua yang ikut mendampingi, diharapkan memberikan suport, supaya hafalan tidak hilang begitu saja.
“Sangat tergantung orang tua, sangat menentukan nasib kita juga yang sudah mempunyai putra – putri penghafal Alquran. Berbanggalah para orang tua, dimana putra putrinya sudah mulai belajar hafal Alquran, karena orang tua sangat diuntungkan ketika mempunyai anak bisa membaca apalagi bisa mengamalkan Alquran, maka pertama kali yang diuntungkan adalah kedua orang tua. Sebab mahkota terbesar di mana cahayanya ketika anak bisa baca dan jadi Alquran maka kedepan Bondowoso menjadi lebih baik,” imbuhnya.
Selain Bupati Salwa tampak hadir, Sekretaris Daerah H Syaifullah SE MSi, Ketua DPRD H Ahmad Dhafir, Dandim 0822 Let. Inf Jadi, KH Moh Hasan Abdul Mu’iz dan KH Imam Barmawi Burhan, serta tokoh agama lainnya.
Sementara itu, Ketua DPRD Bondowoso, H Ahmad Dhafir mengatakan, selamat kepada peserta wisuda, menurutnya mereka adalah termasuk golongan soleh dan solehah. ”Kenapa saya katakan begitu, karena pada hari ini tidak satupun diantara bapak ibu adik – adik yang tidak berbahagia, membahagiakan orang tua menjadi suatu tanda bahwa termasuk golongan anak yang solehah, jaga kebahagiaan orang tua kita, agar supaya ilmu bermanfaat barokah,” katanya.
Ketua DPRD itu menjelaskan, ia berkeyakinan, dimana saat Bondowoso mempunyai orang yang hafal Alquran, yang iman taqwa yang kuat dengan didasari keimanan, maka Bondowoso yang menjadi sebagaimana cita-cita para pendiri bangsa ini. Cita-cita para pemimpin Bondowoso menuju Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur akan terwujud. [san]

Rate this article!
Tags: