Ribuan Peserta CPNS Kabupaten Bojonegoro Tak Lulus Passing Grade

Bojonegoro,Bhirawa Ribuan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro gagal meraih nilai ambang batas atau passing grade untuk melanjutkan tahap selanjutnya.
Total ada sebanyak 2.185 orang tak mampu mencapai passing grade dari total 4.675 peserta SKD. Sisanya yang lolos passing grade sebanyak 2.490 orang.
“ Tahapan selanjutnya yakni pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Namun sebelum SKB, akan ada proses sinkronisasi data,” ungkap Kepala Bidang Pengadaan dan Pemberhentian Aparatur, Badan Kepegawaian Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bojonegoro, Joko Tri Cahyono, kemarin (17/3).
Lanjut Joko Tri Cahyono, bahwa peserta yang lulus Passing grade belum tentu bisa mengikuti SKB. Sebab, nilai SKD akan diolah terlebih dahulu untuk menentukan peserta seleksi yang memenuhi passing grade SKD dan masuk dalam tiga kali formasi jabatan yang dilamar untuk mengikuti SKB.
“Nanti sistem yang akan mengolah terkait dengan perangkingan untuk yang berhak mengikuti SKB,” terangnya.
Masih kata Joko, jika pada satu formasi jabatan hanya satu orang yang lolos passing grade, maka satu orang tersebut berhak mengikuti SKB.
“ Namun, ketika tidak ada yang lolos passing grade di formasi itu, bakal diisi oleh pendaftar dari formasi lain,” ujarnya.
Joko menambahkan, berdasarkan Permenpan RB No.24/2019 mengenai passing grade, nilai sub test SKD yang dapat dinyatakan lolos passing grade adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 126. [bas]

Tags: