Ring Road Timur Ditarget Akhir Tahun Selesai, Percepat Pertumbuhan Ekonomi Timur Kota Madiun

Wali Kota Madiun, H. Maidi, bersama tim konsultan dari akademisi dan entrepreneur, Rabu (10/6) meninjau calon pembangunan ring road timur Kota Madiun yang mendapat bantuan dana dari pemerintah pusat Rp600 miliar ditargetkan akhirv tahun ini selesai pengerjaannya. [sudarno/bhirawa]

Kota Madiun, Bhirawa
Wali Kota Madiun, H. Maidi bersama tim konsultan dari akademisi dan entrepreneur sengaja meninjau lokasi calon ring road timur di Kota Madiun, Rabu (10/6).

Peninjauan merupakan bagian tahapan perencanaan pembangunan ring road bantuan pemerintah pusat dengan nilai Rp 600 miliar tersebut.

”Ring road saat ini memang masih dalam perencanaan.Tetapi kita segera awali perencanaan itu dengan peninjauan lokasi. Hari ini saya pimpin langsung bersama tim konsultan dan teman-teman OPD terkait,” kata Wali Kota H. Maidi disela peninjauan ring road timur.

Menurut Wali Kota, peninjauan ring road timur itu, untuk menentukan titik-titik mana yang akan dilalui jalur ring road timur tersebut. Peninjauan dimulai dari titik simpang empat Rejo Agung dan sejumlah titik di Kelurahan Tawangrejo.Titik itu disebut sebagai pintu masuk ring road timur.

Artinya, kata Wali Kota, dalam masalah ini, bakal berhadapan dengan ring road barat. Rombongan juga menyusuri areal persawahan di kelurahan Tawangrejo tersebut.Jalur ring road memang sebagian besar melewati areal persawahan.

”Tentu kita maksimalkan dulu aset pemerintah kota. Kita kan punya beberapa tanah bengkok. Tetapi pastinya melewati tanah warga,”jelas orang nomor satu di Pemkot Madiun ini.

Kesempatan itu, rombongan melanjutkan peninjauannya ke daerah Sukosari, Pasar Kojo, hingga perempatan Jalan Kapten Tendean (Te’an).Rute ring road direncanakan melewati sejumlah titik tersebut.

Wali Kota menyatakan, sengaja melibatkan akademisi dan pengusaha untuk memetakan titik pertumbuhan ekonomi ke depan. Ring road memang digadang menjadi sarana percepatan pertumbuhan ekonomi di sisi timur wilayah Kota Madiun.

”Sekalian kita lihat sekiranya titik-titik mana yang untuk rest area, SPBU, titik persimpangan jalan dan lain sebagainya.Makanya, kita libatkan konsultan dari entrepreneur juga.Artinya, kita tidak ingin pembangunan ini asal-asalan,” tegasnya.

Dalam hal ini, Wali Kota akan melibatkan Pemkab Madiun. Hal itu penting lantaran keberadaan ring road berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Madiun. Daerah sekitar juga akan berdampak tentunya. Wali Kota mengatakan akan segera menyelesaikan gambar rencana pembanguan ring road itu untuk dilakukan pembahasan bersama Pemkab Madiun. Perencanaan ditargetkan selesai sebelum akhir tahun ini.

”Pak bupati, Bappeda beserta krunya akan kita ajak bicara untuk menentukan apa yang harus disiapkan masing-masing. Karena keberadaan ring road akan menumbuhkan perekonomian sisi timur kota dan Kabupaten Madiun bagian selatan. Karena itu berharap dukungan masyarakat daerah terlewati jalur ring road tersebut,”tegas Wali Kota. (dar)

Tags: