Rotary Peace Run 2020, Emban Misi Perdamaian Dunia dan Keramahan Rakyat Madura

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, bersama Ketua Rotary Indonesia, RA Febri Dipokusumo, Abasador atletik, Mr. Dalil Wilson, mengambil api alam di Dusun Dhengka’, Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan.

Pamekasan, Bhirawa
Api Tak Kunjung Padam, terletak di Dusun Dhengka, Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, akan melintasi sekitar sepuluh negara di dunia dalam mengemban misi menjalin kerukunan dan perdamaian dunia.
Pengambilan api alam dengan kegiatan Peace Run 2020, digelar Rotary Indonesia bekerjasama Pemerintah Kabupaten Pamekasan dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pamekasan, Kamis (6/2) itu, dihadiri Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, Ketua DPRD Pamekasan, Forkopimda, Ketua Rotary Indonesia, RA Febri Hapsari Dipokusumo, Ketua FKUB Pamekasan, KH. Muin Mukid dan mantan pelari dunia.
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengatakan, kegiatan Rotary Peace Run 2020 suatu penghargaan dan punya nilai pematik bagi masyarakat Madura, khususnya kabupaten Pamekasan. Apresiasi 10 perwakilan Negara ini akan membawa pesan bahwa masyarakat Madura itu harmoni, senang perdamaian, kebersamaan dan kesetaraan sesama umat manusia.

4. Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, menerima mendali penghargaan Rotary Indonesia, diserahkan Mr. Dalil Wilson dari perwakilan Atlet lari dunia.

“Kehadirannya itu marketing. Kalau selama ini Madura ada penilai subyektif, akan bisa memberi gambaran utuh. Bahwa Madura khususnya Pamekasan suka damai dan kebersamaan. Ini ikhtiar kita menjadi Kabupaten ini maju dan berdaya saing dengan kabupaten di Indonesia yang harmoni dan bisa bekerjasama”, harapnya.
Menurut Baddrut, kesan kita tawarkan masyarakatnya ramah dan welcome, tidak rasis. Maka bonus Rotari Peace Run ini akan merubah sudut pandang yang selama ini terkesan negatif. “Nyatanya, mereka bisa lihat masyarakat Madura itu welcome, harmoni, ramah dan semua berkeinginan semakin sejahtera dan makmur,” pungkas, mantan anggota DPRD Jatim dari PKB ini.
Ketua Rotary Indonesia, RA Febri Hapsari Dipokusumo, merasa terharu dan bahagia atas sambutan terselenggara Peace Run 2020. “Terima kasih pak Bupati dan masyarakat di Pamekasan ini. Semoga dipilihnya api alam di sini, Madura bersinar. Bersinarnya bukan Madura saja, juga Indonesia dan dunia,” ucapnya.

Api alam setelah diarak di jalan protokol sampai di Pendhapa Agung Ronggosukowati Pamekasan.

Menurutnya, Rotary Indonesia ada fokus kegiatan, seperti Kesehatan Ibu dan Anak, Pencegahan penyakit, Water and Fasher, Literasi, Pendidikan, Ekonomi, Peace Run Konflik untuk bulan perdamaian. “Ke depan, kami akan siap bekerjasama berbagai projek, semoga Pemeritah bisa bersama NJO” harapnya.
Api alam “Dhengka’, mendapay sambutan meriah masyarakat dibawa regu U19 Madura United dan diarah mobil terbuka Arek Lancor, kemudian di bawa ke Pendopo Ronggosukowati oleh Bupati Baddrut Tamam.
Kemudian, api alam dibawa dalam obor yang dikawal mantan pelari dunia, sebelum diterima Gubernur Jatim, Hj. Khofifah Indar Parawansa, singgah di Kabupaten Bangkalan. Lalu dibawa menuju negara Nepal. (din)

Tags: