RSUD Sidoarjo Terapkan Layanan Percepatan Melalui PSC 119

Dirut RSUD Atok Irawan dikunjungi Deputi Pelayanan Publik Kemenpan, Diah Natalisa di ruang PSC 119. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Kemajuan teknologi terus berkembang harus dimanfaatkan dengan baik pula. Seperti telah dilakukan RSUD Sidoarjo dalam menangani pasien yang darurat. Yakni telah menerapkan layanan sistem aplikasi PSC (Publik Safety Center) – 119 atau informasi secara real time.
Aplikasi PSC 119 itu akan digunakan di setiap RS dan Puskesmas se Kab Sidoarjo, dengan harapan pelayanan pasien bisa terdeteksi terlebih dahulu, sebelum dirujuk ke RSUD Sidoarjo.
“Jadi PSC 119 ini merupakan aplikasi informasi secara real time, menangani gawat darurat secara cepat antar RS dan Puskesemas se Sidoarjo,” jelas Dirut RSUD Sidoarjo, dr Atok Irawan Sp P, Selasa (15/1) kemarin.
Model layanan yang menangani kegawatdaruratan dengan cepat ini, sudah mulai diterapkan, meskipum dalam uji coba Aplikasi PSC 119. Namun pelayanan informasi secara real time sudah bisa dioperasikan di sejumlah RS dan Puskesmas di seluruh Kab Sidoarjo.
Aplikasi fasilitas layanan PSC 119 ini salah satunya program untuk mengintegrasikan layanan informasi secara real time dalam menangani pasien kegawatdaruratan. ”Jaringan komunikasinya sudah terkoneksi semuanya, dengan harapan pelayanan terhadap pasien sebelum dibawa ke RSU bisa terdeteksi terlebih dahulu di Puskesmas.
Menurutnya, dalam waktu dekat ini PSC 119 akan akan dilaunching dan kini masih dalam tahap uji coba. Sistem PSC ini bukan hanya terkoneksi dengan RS dan Puskesmas saja, tetapi juga terkoneksi dengan Polresta Sidoarjo, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Dinas Kesehatan Sidoarjo.
Dengan PSC 119 ini, RSUD Sidoarjo bisa memonitor ketersediaan kamar pasien di rumah sakit se Kabupaten Sidoarjo. Apabila terjadi sesuatu hal yang dianggap darurat, kami bisa dengan cepat koordinasi dengan Polresta, BPBD dan Dinkes. ”Kami juga mengantisipasi jaringan dengan kabel FO (Fiber Obtic). Karena dengan adanya kabel FO itu daerah yang dilewati jaringan itu bisa dipantau melalui Command Center,” katanya.
Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa, saat meninjau layanan PSC 119 RSUD Sidoarjo merasa senang dengan perkembangan publik di Sidoarjo. Pelayanan RSUD Sidoarjo dinilai sangat baik. Dibangunya fasilitas layanan PSC ini kecepatan pelayanan dalam menangani pasien sangat penting. “PSC 119 ini sangat membantu sekali dalam penanganan keadaan darurat. Sebab jaringan komunikasi sudah terkoneksi antar RS dan Puskesmas se Sidoarjo,” ujar Diah Natalisa. [ach]

Tags: