Ruang Isolasi RSSA Malang Penuh Covid Meningkat

Kota Malang, Bhirawa
Ruang isolasi Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang penuh. Sebanyak 83 tempat tidur terisi semuanya, bahkan begitu satu pasien pulang pasien lainnya telah mengantre. Tingkat okupansi ruang isolasi COVID-19 di RSSA penuh 100 persen.

Kasubbag Humas RSSA Malang, Donny Iryan mengatakan, untuk pasien dengan gejala berat yang mengantre masuk ke ruang isolasi terpaksa transit terlebih dulu di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD). Pihaknya memastikan meski ruang isolasi penuh RSSA Malang tidak menolak pasien COVID-19.

“Kalau di RSSA sendiri memang saat ini, kondisi ruang isolasi sedang penuh. Cuma di IGD kami masih bisa terima pasien yang darurat. Nanti kalau memang ada pasien yang sudah dipulangkan, kami sterilisasi lalu pasien (dari IGD) kami masukan lagi,” kata Donny, Senin, (30/11) kemarin.

Donny mengungkapkan, penyebab penuhnya tingkat okupansi karena masih ada peningkatan kasus COVID-19. Selain itu, RSSA juga menerima limpahan pasien di luar wilayah Malang. Sehingga pasien luar kota inilah yang membuat jumlah ketersediaan kasur di ruang isolasi RSSA penuh. “Dalam dua hari terakhir ini tingkat okupansi, tingkat keterisian bed (kasur) itu hampir seratus persen semua. Jadi ada yang pulang langsung terisi, pulang langsung terisi,” ujar Donny.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang, Nur Widianto membenarkan RSSA sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Kota Malang dalam beberapa hari ini ruang isolasinya penuh. Sebab, rumah sakit milik Pemprov Jatim itu juga menerima pasien dari luar Malang. “Memang kapan hari ini RSSA Kota Malang menerima pasien luar Kota Malang. Maka beban (kapasitas bed isolasi) menjadi berat,” tutur Nur Widianto.

Sementara itu, untuk data COVID-19 Kota Malang, Minggu, 29 November 2020. Ada tambahan 9 pasien positif sehingga total kasus COVID-19 sebanyak 2.268. Dari jumlah itu, 2.029 dinyatakan sembuh, 233 dinyatakan meninggal dunia dan 6 pasien dalam pemantauan atau sedang isolasi.[mut]

block id 10914 site harianbhirawa.co.id - e_PC 830x230px 4x1_ Mob 414x400px 2x2 <div id="0b7b998c6e3fc5b61a7573431d43feed"></div> <script async src="https://click.advertnative.com/loading/?handle=10914" ></script>
Tags: