Saat TNI AL Ramaikan Tunjungan Romansa di Perayaan Navy Day

Personil TNI saat mengikuti kirab dalam rangka perayaan Navy Day di Tunjungan Romansa.

Dibuka dengan Kirab dan Pamerkan Alutsista TNI, Jumlah Pengunjung Tetap Dibatasi
Kota Surabaya, Bhirawa
Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) ikut meramaikan kawasan wisata Jalan Tunjungan dalam perayaan Navy Day (Hari Angkatan Laut). Perayaan Navy Day tersebut, disemarakan dengan pameran Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista TNI), serta penampilan dari para Taruna dan Taruni TNI AL.
Perayaan Navy Day di Tunjungan Romansa, dibuka dengan Kirab GS Taruna/Taruni dan Kirab Pasukan. Kemudian dilanjutkan dengan pameran Alutsista TNI, pertunjungan musik, penampilan fashion show, penampilan tari, hingga penampilan Rajawali Laut Flight, dan Banner Flight.
Para pengunjung yang hendak menyaksikan perayaan Navy Day, dibatasi dengan maksimal 3.000 pengunjung dan wajib untuk melakukan scan barcode QR aplikasi PeduliLindungi. Setiap akses untuk memasuki Jalan Tunjungan, juga dijaga ketat oleh pasukan gabungan, yakni Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama TNI-Polri.
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto SH MAP MTr(Han) juga sempat meminta para pengunjung yang hadir untuk mengheningkan cipta sejenak, terhadap bencana erupsi Gunung Semeru yang melanda Kabupaten Lumajang. Usai mengheningkan cipta, Laksda Iwan mengatakan, bahwa ia bersama jajarannya turut prihatin dalam musibah yang dialami oleh masyarakat yang terkena bencana erupsi Gunung Semeru.
“Kita bersama-sama membantu, agar mereka supaya bisa bangkit kembali. Disisi lain, peringatan Hari Armada Republik Indonesia 2021, juga sekaligus mendukung kegiatan untuk memajukan Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur, terhadap tugas-tugas menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Laksda Iwan, Minggu (5/12).
Menurut Laksda Iwan, keberadaan dan kesuksesan Navy Day 2021, tidak terlepas dari kebersamaan dan gotong-royong dari seluruh Forkopimda Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur. Apalagi, ia juga mengapresiasi seluruh masyarakat yang hadir pada perayaan Navy Day 2021 yang tetap menerapkan protokol kesehatan.
“Keberadaan dan kesuksesan Navy Day ini, tidak terlepas dari kebersamaan kita semuanya, ini merupakan satu kesatuan yang utuh. Masyarakat Kota Surabaya juga tertib dan rapi,” ujarnya.
Meskipun Kota Surabaya telah resmi menerapkan PPKM Level 1, Laksda Iwan berpesan, bahwa seluruh masyarakat Kota Surabaya harus tetap berkeras diri untuk melawan Covid-19. Sebab, apabila bisa terus bersama-sama memerangi pandemi tersebut, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian, kemakmuran dan pembangunan.
“Tentunya hal itu untuk Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur. Kami juga mohon doa restu untuk Armada II dalam menjalankan tugasnya, untuk mengawal kedaulatan Republik Indonesia dan seluruh wilayah Nusantara agar sukses dan aman,” pesannya.
Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, bahwa pelaksanaan perayaan Navy Day 2021, yang sekaligus menyemarakan kawasan wisata Jalan Tunjungan, adalah berkat seluruh kerja keras dari Forkopimda Kota Surabaya dan Forkopimda Jawa Timur, serta seluruh elemen masyarakat.
“Dengan kekuatan dan gotong-royong ini, kita tunjukkan bahwa Tunjungan Romansa ini bisa berkembang. Agar kita bisa usulkan untuk terus menggelar acara tahunan, seperti Hari Armada, Hari Pahlawan, HUT Kota Surabaya dan HUT Provinsi Jawa Timur,” kata Wali Kota Eri.
Wali Kota Eri kemudian menyampaikan terima kasih kepada seluruh Forkopimda Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur, serta seluruh elemen masyarakat untuk terus menjaga Kota Surabaya agar tetap menerapkan PPKM Level 1. “Saya yakin Insya Allah Surabaya akan jadi kota yang Baldatun Thoyibatun Warobbun Ghofur dan nyaman aman tentram bagi seluruh warga. Jaga gotong-royong kita dan jadilah kota yang hebat,” tegasnya.
Tak hanya itu saja, ditemui di lokasi yang sama, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak yang hadir pada perayaan Navy Day 2021, turut menyampaikan terima kasih kepada seluruh TNI Angkatan Laut yang telah menjaga kedaulatan Republik Indonesia. Bahkan, Wagub Emil juga berterima kasih kepada Wali Kota Eri atas kepeduliannya, dengan mengirimkan bantuan kendaraan berat dan logistik untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru.
“Seluruh warga mendoakan panjenengan (anda) seluruh anggota dan keluarga TNI Angkatan Laut. Hari ini juga, Ibu Gubernur Khofifah sedang berada di lereng Gunung Semeru, mari kita doakan untuk keselamatan para korban dan terima kasih kepada Bapak Eri (Wali Kota Surabaya) atas bantuannya untuk penanganan erupsi Gunung Semeru,” pungkasnya. [Zainal Ibad]

Tags: