Saksi Meringankan Bupati Saiful Ilah

Sidoarjo, Bhirawa
Sekdakab Sidoarjo, Ahmad Zaini membenarkan adanya tali asih berupa logam mulia yang diberikan kepada terdakwa Bupati (non aktif) Saiful Ilah.

Tali asih berupa emas batangan diberikan saat Ultah terdakwa, ucapnya saat menjadi saksi dalam persidangan Saiful Ilah di PN Tipikor Juanda, Rabu (8/7) sore.

Saksi menambahkan para kepala SKPD patungan. Ada yang kasih urunan Rp300 ribu lalu uangnya dikumpulkan untuk beli logam mulia. Pemberian emas ini inisiatif kepala SKPD sebagai hubungan anak dan bapak. “Pak Saiful tidak pernah meminta, Ini bentuk penghormatan anak kepada bapak.” terangnya. Saiful juga tidak menyangga penjelasan saksi.

Zaini dalam keterangan lebih meringankan terdakwa. Tidak pernah terdakwa memerintahkan kontraktor untuk dimenangkan. Sistem lelang proyek tidak bisa diintervensi. Pokja ULP punya hak otonom.

Ketika dikejar jaksa KPK bahwa ada secarik kertas bertuliskan beberapa paket pekerjaan dari Saiful yang diberikan pada saksi? Menurut Zaini itu tidak ada tendensi titip proyek.

Ia sudah menyerahkan kertas itu kepada terdakwa Sangaji Sanajih itu selaku Kabag ULP. Soal menang kalah dalam tender yang diikuti kontraktor yang meminta catabelece itu bukan urusan terdakwa Saiful Ilah.

Zaini mengaku tidak tahu asal usul uang Rp350 juta yang ditemukan KPK di ruang ajudan Bupati. Ia juga tidak tahu hubungan Saiful dengan pemilik uang, Ibnu Gofur. [hds]

Rate this article!
Tags: