Sandarkan pada Agama

Drs Muh Hamka MMPd

Drs Muh Hamka MMPd
Kurang lebih empat tahun lamanya, Drs Muh Hamka MMPd menakhodai SMKN 1 Bondowoso. Selama kurun waktu itu, banyak yang sudah dilakukan Hamka, panggilan karibnya. Satu diantaranya menata keuangan internal sekolah.
Maklum saja, sekolah yang di pimpin Hamka ini merupakan sekolah kejuruan tervaforit yang ada di Kota Tape Bondowoso. Bahkan sekolah ini selalu menjadi ikon penerima penghargaan baik level lokal, regional maupun dilevel nasional.
Sejak pertama kali dipercaya memimpin SMKN 1 Bondowoso, Hamka mengaku mengumpulkan seluruh stake holder yang ada. Mulai tenaga pendidik, TU dan karyawan harian lepas diajak berbicara dari hati ke hati.
Dalam pertemuan itu, Hamka meminta untuk bekerja dengan bersandar pada ketentuan agama yang telah diatur dalam Al-quran. “Pertama kali saya memberi arahan, meminta kepada semua keluarga besar SMKN 1 Bondowoso untuk memegang teguh pada Al-quran,” kata Hamka, ketika dijumpai di ruang kerjanya.
Hamka yang juga pengurus teras PD Muhammadiyah Bondowoso itu tak segan mengajak staf dan bawahannya menghindari sikap pamer atau riya dan sombong. Sebaliknya, ujar Hamka, ia selalu meminta stafnya memprioritaskan pada tiga hal penting sepert di gariskan dalam Islam. “Saya meminta semua pendidikan dan tenaga TU agar menghindari sikap sombong, selalu beramal dan selalu memberikan pintu maaf kepada sesama,” papar Hamka.
Dengan pijakan itu, lanjut Hamka, kini sekolah kejuruan yang memiliki ribuan siswa itu dapat berjalan dengan baik dan lancar. Bahkan, sekolah kejuruan yang punya kelebihan dibidang digital itu, selalu meraih juara saat mengikuti lomba. Yang terpenting lagi, aku Hamka, semua pendidik berjalan dengan kompak dengan dilandasi kebersamaan. “Saya juga memberikan semua tugas dengan rata sesuai dengan keahlian yang dimiliki para guru dan tenaga TU. Sehingga saya selaku top manager hanya tinggal mengawasi saja,” ulas Hamka.
Mendekati masa purna tugas sebagai ASN yang hanya tersisa lima bulan lagi, kata Hamka, ia mulai menanamkan pondasi yang kuat kepada semua guru dan tenaga TU agar tidak melupakan ajaran agama Islam dan sandaran Alquran, selama mengabdi kepada negara dan masyarakat.
Apapun tugasnya, ungkap dia, jika dilakukan berdasarkan agama diyakini akan berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah saya selama memimpin disini (SMKN 1 Bondowoso), berjalan dengan penuh keakraban dan berakhir dengan prestasi,” pungkas Hamka. [awi]

Rate this article!
Sandarkan pada Agama,5 / 5 ( 1votes )
Tags: