Sanksi Deportasi dan 10 Tahun Dilarang Kunjungi Arab Saudi bagi Naik Haji Tanpa Visa Haji

Dialektika demokrasi bertajuk “Antisipasi Maraknya Jemaah Haji dan Umroh tanpa Visa Haji”, di Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Jakarta, Bhirawa.
Wakil Ketua Umum Asosiasi Haramain Indonesia, Tauhid Hamdi minta Kementerian Agama agar memaksimal kan kuota Haji sebesar 241.000 yang sudah diberikan oleh Arab Saudi. Disinyalir kuota resmi 241.000 jatah dari ArabSaudi tersebut tidak habis karena banyak orang Indonesia yng berangkat Haji dengan visa ziarah.

“Adalah naif sekali, bila dikasih visa Haji tidak habis tetapi jemaahnya berangkat dengan visa ziarah. Untuk keberangkatan Haji tahun 2024 ini, saya usulkan agar Kemenag memaksimal kan kuota yang telah diberikan Arab Saudi,” pinta Tauhid Hamdi dalam dialektika demokrasi bertajuk “Antisipasi Maraknya Jemaah Haji dan Umroh tanpa Visa Haji”, Kamis.siang (16/5/2024). Nara sumber lainnya, anggota Komisi VIII DOR RI Maman Imanulhaq dan Direktur Haji Kemenag Arsyad Hidayat.

Maman Imanulhaq menyayangkan masih banyaknya jemaah Haji atau umroh yng tidak memenuhi syarat syarat administratif, termasuk visa wajib dimiliki seseorang untuk masuk ArabSaudi. Maman juga minta pemerintah dan agen agen travel perjalanan haji dan umroh untuk melakukan edukasi.

“Perlu ada tindakan tegas pada yng membawa jemaah masuk Arab Saudi tanpa visa yang terkait. Para tokoh masyarakat dan ormas ormas Islam hendaknya melakukan edukasi kepada masyarakat luas. Tentang pentingnya dokumen visa haji maupun visa umroh,” tandas Msman.

Menanggapi hal tersebut Direktur Bina Haji Kemenag Arsyaf Hidayat menjelaskan; Bahwa visa umroh, visa ziarah dan visa pekerja, tidak bisa dipakai sebagai visa haji. Bagi yng menyalah gunakan visa visa ini, akan dikenakan sanksi deportasi.

“Deportasi bagi yang berHaji tanpa visa Haji yakni memakai visa umroh atau bisa ziarah, saksi deportasi nya akan dikenakan setelah selesai haji. Selain deportasi hukuman lainnya adalah selama 10 tahun.tidak boleh masuk negara Arab Saudi,” jelas Arsyad Hidayat. (ira.hel).

Tags: