Santi Restuningsasi: Pemerintah Kota Batu Raih 19 Penghargaan Selama 2020

Perwakilan Kota Batu saat menerima penghargaan di bidang pengembangan pariwisata di Jatim.

Kota Batu,Bhirawa
Pemerintah Kota Batu selama tahun 2020 ini terus merealisasikan komitmennya untuk mengoptimalkan pelayanan publik kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya beberapa penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi. Selain itu mereka juga memberi pembinaan kepada warganya sehingga tak sedikit warga yang ikut mendapatkan penghargaan yang membanggakan.

Tercatat ada 19 penghargaan yang diraih Kota Batu selama tahun 2020. Di antara penghargaan yang diraih yaitu, Batu juga mendapatkan penghargaan sebagai Kota Peduli HAM (KKP HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Penghargaan SAKIP Award 2019 dengan predikat B dari Kementerian PANRB, penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari BPK Provinsi Jatim

“Dengan capaian WTP kali ini berarti Kota Batu telah meraih opini WTP selama lima kali berturut-turut. Hasil ini disampaikan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang digelar secara virtual,”ujar Kabag Hummas Pemkot Batu, Santi Restuningsasi.

Kemudian ada juga penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan. Penhargaan ini diberikan Kementrian Kesehatan kepada Kota Batu atas pembuatan program ‘Kota Stop BAB Sembarangan’. Kemudian penghargaan dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI terhadap 13 desa di Kota Batu karena mampu menyalurkan bantuan BLT dana desa secara tepat sasaran.

Sementara, dalam BUMDes Award yang digelar Pemprov Jatim bersama ITS, dua desa di Kota Batu berhasil meraih juara. Yaitu, Desa Sumbergondo sebagai juara 2, dan Desa Pandanrejo sebagai juara 3. Kemudian Batu juga mendapat penghargaan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dari Kementrian Dalam Negeri.

Hal ini setelah Pemkot Batu mendapatkan nilai tinggi dengan skor 3,2746 dalam LPPD. Kota Batu juga mendapatkan penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) dari Pemprov Jatim. Selain itu Walikota Batu, Dewanti Rumpoko di tahun ini juga menerima Anugerah Wira Adibrata dari Rektor ITS sebagai tokoh masyarakat yang memiliki semangat kepahlawanan dan memberikan kontribusi bagi kemashlahatan umat.

Sementara dalam hal pembinaan, Pemkot Batu telah membina para pembatik cilik yang ada di kota ini. Akibatnya, salah satu pembatik cilik Aliya Diza Rihhadatul Aisy mendapatkan penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia Tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

“Dan jelang akhir tahun, Kota Batu mendapatkan Penghargaan East Java Java Tourism Award 2020 dari Pemprov Jatim atas keberhasilan dalam pengembangan sektor wisata,”tambah Santi.(nas)

Tags: