Sarpras MAN Sooko Kurang Layak

Salah satu sudut asrama putri MAN Sooko yang kondisinya kurang layak.n kariyadi/bhirawa

Salah satu sudut asrama putri MAN Sooko yang kondisinya kurang layak.n kariyadi/bhirawa

(Tak Tersentuh Renovasi Sejak 1970)
Kab Mojokerto, Bhirawa
Di tengah persaingan dunia pendidikan di Kab Mojokerto, keberdaan lembga pendidikan Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Sooko Mojokerto terus diuji. Ujian yang dirasakan untuk mampu bersaing, diantranya dalam hal akademik maupun non akademik.
”Upaya peningkatan pelayanan pendidikan bagi peserta didik terus kita lakukan seoptimal mungkin. Meski ada sarana dan prasarana yang kurang layak,” ujar Bagus Setiadji, Kepala MAN Sooko, Selasa (29/4) kemarin
Menurut Bagus, sarana dan prasarana yang kurang layak diantaranya pendukung proses belajar para siswa. Selama ini, kelengkapan fasilitas sarana prasarana yang telah dimiliki berupa gedung pusat sumber belajar, kelas unggulan, laboratorium-laboratorium, lapangan olah raga, perpustakaan, serta  asrama putri.
”Namun, kondisi bangunan ada sebagian yang kurang layak. Beberapa bangunan yang perlu dipertimbangakn kelayakannya yakni asrama putri, perpustakaan, dan lapangan olah raga,” tambah Bagus lagi.
Kondisi bangunan yang kurang layak ini, kerap digenangi air ketika musim hujan. Becek, serta dindingnya lembab, ventilasi udara yang kurang, kayu-kayu kusen yang lapuk, atap bocor bahkan banjir selalu menjadi masalah klasik di Gedung MAN itu.
”Kondisi bangunan itu perlu mendapat perhatian lebih mengingat usia bangunan sudah terlalu lama. Sejak berdiri tahun 70-an, belum pernah ada bantuan dari pemerintah untuk asrama putri. Dan itu terbukti dari awal hingga kini bangunannya sama. Malah banyak yang telah rusak,” tutur Misbach, pengelola asrama putri.
Melihat kondisi itu, pihak Komite MAN Sooko Mojokerto memberikan perhatian dengan memberikan dana bantuan. Namun, mengingat banyaknya hal yang perlu diperbaiki, campur tangan dari komite saja sangat kurang.
”Jika kondisi ini terus diabaikan, dikhawatirkan mengurangi pelayanan pendidikan untuk siswa. Padahal, dari segi mutu pendidikan, madrasah yang beralamatkan di Jl RA Basuni 306, Sooko, ini sudah mengantongi¬† banyak prestasi di berbagai kejuaraan,” imbuh Bagus lagi.
Menurut Bagus, untuk meningkatkan sains dan teknologi, MAN Sooko sudah menggandeng Sains School Batu Pahat, Malaysia, Sekolah Menengah Paris Petra Malaysia juga Islamic Collage of Thailand (ICT). [kar]

Rate this article!
Tags: