Satbinmas Polres Situbondo dan MUI Patroli Prokes Penumpang Becak

Kasat Binmas IPTU Jembadi mengayuh becak dengan penumpang Ketua MUI KH Saiful Muhyi sambil melakukan patroli prokes di jalan raya Situbondo. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Ada berbagai cara dan strategi agar sebuah program berhasil dengan baik dan tepat sasaran. Seperti misalnya yang ditempuh Satbinmas Polres Situbondo melakukan sinergi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Situbondo dalam rangka sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat Sabtu (23/10). Dua lembaga ini melakukan patroli prokes dengan cara menaiki becak seraya menyebarluaskan himbauan prokes melalui pengeras suara di sepanjang jalan raya Kota Santri Situbondo.

Pengamatan Bhirawa menyebutkab, dengan mengendarai becak dan sepeda gunung, pagi itu Kasat Binmas Iptu Jembadi bersama Ketua MUI Situbondo KH Syaiful Muhyi dan Bhabinkamtibmas berkelilig Kota Situbondo. Gabungan beberapa lembaga ini menyampaikan imbauan protokol kesehatan sesuai dengan Inpres Nomor 06 tahun 2020 dan Perbup Situbondo Nomor 45 tahun 2020.

“Dalam dua peraturan ini ditetapkan warga harus memakai masker ketika keluar rumah, menjaga jarak ketika berkomunikasi dengan orang lain dan mencuci tangan dengan air yang mengalir setelah melakukan aktivitas,” jelas Jembadi.

Masih kata Jembadi, patroli keliling tersebut menyasar sejumlah tempat keramaian yang menjadi pusat aktifitas masyarakat Situbondo. Misalnya saja, urai Jembadi, di seputaran dalam kota Situbondo, pusat pertokoan, alun-alun Kota, terminal dan pasar. “Dengan menggunakan pengeras suara, Ketua MUI menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun,” jelas Jembadi.

Tak hanya itu, sambung Jembadi, warga juga diminta untuk tetap menjaga jarak dan menghindari adanya kerumunan demi untuk pencegahan Covid-19 di Kabupaten Situbondo. Selain patroli keliling, tambah Jembadi, ia bersama Bhabinkamtibmas juga membagikan masker kepada masyarakat dengan disertai pembinaan. “Ini dilakukan agar masyarakat saat beraktifitas di luar rumah dan saat bertatap muka dengan orang lain, tetap memakai masker,” pungkas Jembadi.[awi]

Tags: