Satgas Covid-19 Bubarkan Acara Rekrutmen Pegawai Bank di Tulungagung

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 saat membubarkan pelamar yang masih berada di sekitar bank BCA Tulungagung, Senin (18/1).

Tulungagung, Bhirawa
Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung membubarkan acara rekrutmen pegawai bank BCA Tulungagung, Senin (18/1). Acara tersebut dinilai menimbulkan kerumunan dan berpotensi penularan virus Covid-19.

Wakil Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro, Senin (18/1), mengatakan pembubaran dilakukan akibat kerumunan pelamar yang sudah tidak terkendali, disamping juga timbul kemacetan arus lalulintas di depan kantor bank swasta tersebut. “Kami mendapat aduan masyarakat bahwa di sekitar BCA ada banyak warga yang berkumpul. Itu terjadi pada pukul 07.00 WIB dan semakin memuncak pada pukul 08.00 WIB,” ujarnya.

Ia mengaku sempat menghubungi pihak bank BCA Tulungagung, namun tidak ada respon. “Karena itu, kemudian satgas mendatangi lokasi dan melakukan pembubaran kerumunan tersebut sebab peserta atau pelamar tidak menerapkan prokes (protokol kesehatan) tidak physical distancing (jaga jarak),” sambungnya.

Galih Nusantoro menyebut saat dilakukan pembubaran, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung mendapat informasi jika kerumunan terjadi akibat bank BCA melakukan rekrutmen karyawan baru dengan penyerahan berkas lamaran. Bahkan salah satu pelamar mengungkapkan peserta bakal langsung dilakukan interview oleh pihak bank pada hari itu juga.

“Yang terjadi dilokasi sudah krodit. Para peserta berkerumun karena antri. Apalagi di bank itu juga ada banyak nasabah dan pengantar. Peserta sudah kami imbau untuk prokes dan kemudian pihak bank akhirnya membatalkan acara itu,” paparnya.

Selanjutnya Galih Nusantoro yang juga menjabat sebagai Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Tulungagung ini menyatakan sudah memberikan teguran pada bank BCA, selain juga menyarankan untuk melakukan rekrutmen pegawai dengan cara online. “Minimal berkoordinasi dengan satgas bagaimana caranya. Kalau hanya mengembalikan formulir bisa lewat online, bisa memanfaatkan teknologi,” tandasnya.

Sebelumnya, salah seorang pelamar yang sempat ditemui Bhirawa di depan bank BCA Tulungagung mengatakan tetap menunggu di sekitar bank BCA setelah mengumpulkan berkas lamaran karena akan dilakukan interview atau wawancara. “Jadi saya menunggu untuk interview yang katanya langsung hari ini juga,” bebernya.

Perempuan yang mengaku berasal dari Kediri ini juga mengungkapkan mengetahui adanya rekrutmen bak BCA Tulungagung dari rekannya. “Lamarannya untuk posisi customer service officer,” terangnya.

Sementara itu, panitia rekrutmen pegawai bank BCA Tulungagung, Tony Kalay, saat dihubungi wartawan membenarkan adanya kegiatan tersebut. Ia menyebut kegiatan itu merupakan pengumpulan berkas lamaran pekerjaan di bank BCA. “Iya, pengumpulan lamaran,” katanya.

Ia enggan berkomentar lebihlanjut ketika ditanya apakah bank BCA Tulungagung tidak mengetahui jika ada larangan pengumpulan massa di masa pandemi Covid-19. (wed)

Tags: