Satgas TMMD Ke-107 Kodim 0823/Situbondo Buat Apotek Rumahan

Satgas TMMD menanam tanaman toga di kebun warga lokasi sasaram TMMD 107, Minggu (29/3).

Situbondo, Bhirawa
Berbagai macam inovasi dilakukan Satgas TMMD 107 dari Kodim 0823/Situbondo. Mulai dari pengerjaan sasaran fisik dan non fisik di dua Desa di Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbonso. Sampai dengan pembuatan apotek rumahan di lokasi TMMD.
Pembuatan apotek rumahan itu dilakukan dengan menanam tanaman obat keluarga (Toga) di Desa Tlogosari. Demi menjadikan lingkungan yang bersih dan asri, Satgas TMMD Yonif 527/BY, Kopda Arif menyulap kebun milik Umar menjadi kebun yang berisi tanaman obat.
Sementara itu, Lettu Inf Sugiyono menjelaskan, sebanyak 5 orang personel Satgas TMMD 107 bercocok tanaman toga di kebun Pak Umar. Dipimpin Kopda Arif, secara gotong royong anggota Satgas mencangkul dan menanam toga milik Pak Umar.
“Toga ini merupakan tanaman hasil budidaya rumah yang berkhasiat sebagai obat. Sehingga warga bisa memiliki apotek sendiri,” kata Lettu Inf Sugiyono, Minggu (19/3).
Sugiyono mengaku, penanaman toga ini sekaligus ajang komunikasi dengan warga setempat. Serta sebagai wahana dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi. Sehingga antara warga Desa dengan TNI atau Satgas TMMD terus terjaga ikatan yang harmonis dan rasa kekeluargaan yang kental.
Sambungnya, ide melaksanakan kegiatan ini secara langsung berawal dari inisiatif prajurit Satgas TMMD. Tanaman toga ini sengaja ditanam agar nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar sini. Dan dapat dimanfaatkan juga nilai ekonomisnya.
“Tak hanya untuk obat dan kesehatan. Ide dari Satgas ini dapat juga memutar perkembangan ekonomi. Dan juga bertujuan agar tetap menjaga lingkungan kampung yang nyaman dan asri,” ungkapnya.
Kebersamaan ini diakui Sugiyono sebagai wujud Kemanunggalan TNI dengan rakyat. Terutama bagi warga yang Desanya menjadi sasaran fisik dan non fisik pada TMMD 107 ini. “Situasi keakraban selama pembersihan adalah wujud bahwa kami anggota TNI selalu ada dan hadir di tengah-tengah masyarakat. Sesuai dengan moto TNI, yaitu Bersama Rakyat TNI Kuat,” pungkasnya. [bed.awi]

Tags: