Satpol PP Jatim Jadi Tuan Rumah Acara Nasional

untitledPemprov Jatim, Bhirawa
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jatim akan menjadi tuan rumah tiga acara besar skala nasional, awal bulan besok. Tiga kegiatan itu adalah  HUT Satpol PP ke 64, HUT Satlinmas ke 52, dan Rakornas Pol PP Se Indonesia yang diselenggarakan di Surabaya.
Tiga kegiatan nasional ini rencananya  berlangsung selama tiga hari dimulai dari Minggu (2/3) yang diisi dengan kegiatan gala dinner/makan malam di Hotel Meritus, Surabaya, selanjutnya Senin (3/3) pelaksanaan gelar apel siaga di lapangan Kodam V Brawijaya, dan diakhiri dengan kegiatan Rakornas Pol PP selama dua hari.
“Selain itu, kegiatan ini semua untuk lebih meningkatkan kinerja kita dalam mengawal pelaksanaan pemilu tahun 2014 sesuai dengan tugas fungsi pokok,” kata Kepala Satpol PP Jatim, Drs Sutartib Msi, Kamis (28/2) saat latihan gabungan , Kamis(27/2) kemarin.
Persiapan yang sudah dilakukan, lanjut Sutartib, diantaranya melangsungkan kegiatan pelatihan gabungan dengan instansi terkait sebagai persiapan pelaksanaan gelar pasukan.
Sedangkan kegiatan Rakornas Pol PP nantinya akan melibatkan narasumber dari KPU Pusat, Sekjen Bawaslu, Dirjen Pemerintahan Umum, Kapolda Jatim, Gubernur Jatim, hingga Bupati Banyuwangi.
Dalam kesempatan ini, Sutartib mengharapkan, seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas bisa turut serta mewujudkan suasana kondusif dalam kegiatan pesta demokrasi pada tahun ini. Seperti diketahui, tahun ini ada pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden.
“Sebagai kesatuan yang besar, setidaknya Satpol PP dan Linmas menunjukkan kematangan eksistensi ditengah hiruk pikuk pembangunan dan meningkatnya berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat di Jatim,” tambahnya.
Ditambahkan Sutartb, peringatan HUT kali ini setidaknya menjadikan sebuah momentum dalam membangun kesadaran dalam pelaksanaan tupoksi yang lebih baik ke depannya. “Refleksi diri lebih maju dan memberikan ketentraman pada masyarakat,” ujarnya.
Sekedar diketahui, dalam gelar apel siaga di lapangan Kodam V Brawijaya akan melibatkan anggota Satpol PP di seluruh Kab/kota di Jatim dan luar provinsi Jatim sebanyak 1650 orang. Mereka akan melangsungkan kegiatan defile pasukan, pagelaran sendratari ‘Sri Rajasa Kertanegara’ dan marching band.¬† [rac]

Tags: