Satpol PP Kabupaten Malang Bongkar Papan Reklame Tak Berizin

Petugas Satpol PP Kab Malang melakukan pembongkaran papan reklame yang masa perizinannya habis di wilayah Kec Pagak, Kab Malang. (cahyono/Bhirawa).

Kab Malang, Bhirawa.
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah tegas melakukan penertiban papan reklame yang habis masa perizinan diberbagai titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang. Sedangkan sasaran dalam penertiban tersebut meliputi pembongkaran terhadap pelanggaran pemasangan reklame terbatas atau permanen. Hal itu karena telah habis masa berlaku izin tayangnya dan pemasangan papan reklame yang melanggar ketentuan dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Malang Nomor 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Reklame, maupun pemasangan reklame yang tidak berizin.

Menurut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Firmando Hasiholan Matondang, Rabu (10/8), saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, jumlah papan reklame yang berhasil kita tertibkan sebanyak 6 objek reklame isidentil, yakni khusus jenis reklame terbatas atau permanen. Dan sasaran tugas penertiban meliputi pembongkaran terhadap pelanggaran pemasangan reklame terbatas atau permanen, karena telah habis masa berlaku ijin pajak tayang. Sehingga pemasangan reklame yang melanggar ketentuan dalam Perda Kabupaten Malang Nomor 5 Tahun 2011.

Selain itu, lanjut dia, penertiban papan reklame berdasarkan Perda Kabupaten Malang tersebut, penertiban juga berdasarkan Surat Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang tanggal 5 Agustus 2022 Nomor 973/1671/35.07.205/2022 perihal Permohonan Bantuan Personil Pelaksanaan Penindakan Atas Wajib Pajak Yang Tidak Menyelesaikan Kewajiban Perpajakan.

“Dan dalam penertiban itu, kami melibatkan 4 Anggota Satpol PP Bidang Penegakan Perundang-Undangan Daerah, 7 Anggota Bapenda, dan 6 Anggota Bapenda Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pagak,” jelasnya.

Masih dijelaskan Firmando, dalam kegiatan penertiban objek reklame tersebut dilakukan didua kecamatan, yakni Pagak dan Donomulyo. Dari penertiban reklame kita ketemukan 6 pelanggaran objek reklame, rinciannya 1 di wilayah Kecamatan Pagak dan 5 di wilayah Kecamatan Donomulyo. Sedangkan Satpol PP Kabupaten Malang dalam menertibkan papan reklame, selain Perda Kabupaten Malang Nomor 5 Tahun 2011 dan Surat Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang tanggal 5 Agustus 2022 Nomor 973/1671/35.07.205/2022, juga mengacu Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, Perda Kabupaten Malang Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pajak Daerah, dan Peraturan Bupati (Perbub) Malang Nomor 49 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Peraturan Daerah.

“Untuk itu, Operasi penertiban akan terus berlanjut meski banyak konsekuensinya, sehingga kami berharap bisa mengedukasi dan meminimalkan pelanggaran. Karena jika papan reklame yang masa berlaku izin pemasangan habis tidak segera dilakukan penertiban, maka akan merugikan kas daerah,” tuturnya. (cyn.hel).

Tags: