Satu Pasien Positif Covid-19 Dipastikan Telah Uji Swab Kedua

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang, Pudji Umbaran. [arif yulianto/ bhirawa]

Jombang, Bhirawa
Satu orang pasien positif Covid-19 yanh ada di Kabupaten Jombang dipastikan telah menjalani uji swab kedua. Uji swab kedua kepada yang bersangkutan itu dilakukan pada Selasa (31/03) kemarin. Hal itu seperti dikatakan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang saat diwawancarai sejumlah wartawan, Kamis siang (02/03) sekitar pukul 10.30 WIB.
Pudji Umbaran menerangkan, saat ini yang bersangkutan dalam kondisi baik dan sehat dan tengah melakukan isolasi mandiri.
“Karena sudah sehat ya isolasi mandiri di rumah. Karena sudah sehat,” ujar Pudji Umbaran.
Dia menambahkan, yang bersangkutan sebelumnya memang pernah dirawat di RSUD Jombang dengan status Positif (Covid-19) Sedang.
Saat wartawan media ini meminta konfirmasi tambahan kepada Pudji Umbaran, Kamis sore sekitar pukul 16.00 WIB lewat sambungan What’s App (WA) Telepon Seluler (Ponselnya), Pudji Umbaran memastikan, hasil uji swab kedua terhadap pasien positif Covid-19 tersebut telah keluar, Kamis siang (02/03).
“Hasilnya negatif, Insya Alloh Kabupaten Jombang saat ini aman, dan seterusnya semoga aman. Masyarakat untuk tidak panik,” tulis Pudji Umbaran.
Seperti diberitakan sebelumnya, satu warga Kabupaten Jombang diketahui berpredikat Confirm Positive Covid-19. Pada Minggu malam (29/03), Instagram milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menyatakan, dari sejumlah daerah yang menjadi sebaran pasien positif Corona di Jatim, Kabupaten Jombang termasuk di antaranya. Di Instagram tersebut ditulis, Kabupaten Jombang terdapat 1 pasien positif.
Bupati Jombang, Hj Mundjidah saat Konferensi Pers Bupati Jombang Terkait Penanganan Covid-19 di Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, Senin siang (30/03) menyampaikan, selain ribuan warga Jombang masuk dalam Orang Dalam Resiko (ODR), seratus lebih Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Lima Pasien Dalam Pengawasan (PDP), terdapat pula satu kasus terkonfirmasi di Kabupaten Jombang.
“Untuk kasus terkonfirmasi ini, kondisinya hari ini dalam keadaan sehat, dan di rumah melakukan isolasi mandiri setelah dirawat di RSUD Jombang, dan tempatnya adalah di Kecamatan Jombang,” ujar Bupati Jombang.
Sementara pada data website milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang yang diupdate pukul 14.00 WIB, Kamis siang (02/03), data 1 kasus terkonfirmasi masih ditulis di website tersebut. Selain 1 kasus konfirmasi, di website tersebut juga ditulis data jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 5 orang, dan data Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 216 per hari itu.(rif)

Tags: