Satu Pejabat Pemerintah Kota Batu Positif Covid-19

Pekan lalu Pemkot Batu telah menggelar rapid test pada para ASN dan honorer di pendopo balai kota, dalam tes tersebut satu ASN dinyatakan reaktif. [Anas Bahtiar]

Kota Batu, Bhirawa
Jumlah pasien terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19 di Kota Batu terus bertambah. Terbaru, virus mematikan ini dikabarkan telah menyerang salah seorang pejabat di lingkungan Pemkot Batu. ASN yang terkonfirm positif ini dibarengi adanya satu tambahan pasien konfirm yang berasal dari sebuah keluarga plus menantu dan cucu yang sudah terkonfirmasi positif lebih dulu.
Salah seorang ASN yang terkonfirmasi ini dikabarkan adalah salah satu kepala bagian (kabag) atau pejabat eselon yang ada di Pemkot Batu. Namun Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Kota Batu, M Chori, enggan secara tegas membenarkan kabar tersebut dan juga tidak membantahnya.
“Pasien ke-40 merupakan keluarga kami, ASN Kota Batu. Saat ini kepada yang bersangkutan juga sedang menjalani isolasi mandiri. Kondisi pasien saat ini sehat dan stabil bahkan menurutnya lebih bugar dari sebelumnya,” ujar Chori, Minggu (14/6).
Ia menjelaskan, bahwa pihaknya tidak bisa menyebut nama ASN yang terkonfirmasi ini seperti yang selama ini dilakukan terhadap para pasen konfirm. “Jadi kami hanya bisa menyebut jenis kelamin, pekerjaan serta asalnya (pasien konfirm),” tambah Chori.
Diketahui, ASN yang menjadi pasien covid-19 ke-40 ini tinggal di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Adanya pasien konfirm ini sempat meresahkan warga desa setempat. Karena pasien yang bersangkutan tidak melakukan isolasi atau masih melakuan aktivitas di luar rumah. Bahkan pasien tersebut masih sempat memberikan khutbah Jumat di sebuah masjid yang ada di desa itu.
“Berkaitan dengan pasien konfirm ke-40 yang memberikan khutbah Jumat, Alhamdulilah kemarin (Sabtu, 31/6), sudah dilakukan tracing terhadap warga sekitar. Kurang lebih ada 32 orang dilakukan rapid test dan hasilnya semua non reaktif,” jelas Chori.
Dengan kondisi ini, Chori mengajak semua pihak ikut memberikan support dan kita doa untuk kesembuhan warga Kota Batu yang saat ini sedang terpapar virus corona, baik yang sedang dirawat di RS maupun yang sedang menjalani isolasi mandiri.
“Semoga mereka (pasien konfirm) bisa segera diberikan kesehatan dan segera pulih kembali seperti sedia kala serta bisa beraktifitas kembali. Demikian halnya kita semua yang saat ini masih dalam kondisi sehat, agar tetap waspada dan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas,” pesan Chori.
Pada waktu yang sama, adanya ASN Pemkot Batu yang dinyatakan positif ini juga dibarengi adanya tambahan pasien positif Covid-19 ke-41. Pasien ke-41 merupakan orang tua dari pasien ke-10 yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di guest house RS Baptis Batu.
Pasien ke-41 berasal dari sebuah keluarga di Desa Pandanrejo Kota Batu. Sebelumnya, satu keluarga ini yang terdiri dari bapak, ibu, anak, menantu dan cucu ini sudah terkonfirmasi covid-19. Dan pasien konfirm 41 ini berstatus sebagai kakek di keluarga tersebut (atau kakek buyut dari pasien konfirm berstatus cucu di keluarga ini). “Alhasil, satu keluarga terdiri atas kakek, suami dan serta anak, menantu dan cucu semuanya positif Covid-19,” pungkas Chori. [nas]

Tags: