Sayangkan Postur Kabinet Kerja

Saifullah Yusuf

Saifullah Yusuf

Pembentukan kabinet dalam pemerintahan Presiden Jokowi  beberapa waktu mendapat perhatian dari Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf.  Satu hal yang dia sayangkan dari postur pembentukan Kabinet Kerja periode 2014-2019 itu adalah tidak adanya kementerian khusus yang menangani kependudukan.
“Menurut saya penting sekali adanya kementerian khusus (menangani kependudukan). Kalau saya presiden, saya bikin sekarang juga,” kata Gus Ipul , panggilan karibnya saat memberikan sambutan dalam acara Hari Kontrasepsi Dunia di Surabaya, Rabu (5/11).
Menurutnya, pertumbuhan penduduk merupakan masalah serius. Dia berharap, ke depan ada upaya lebih serius dari pemerintah dalam menangani masalah kependudukan. “Laut ada yang ngurus, hutan ada yang ngurus, sekarang kependudukan mungkin masih di dalam Kemendagri. Kita ingin ada semacam penajaman untuk mengatasi kependudukan, bukan malah dihapus,” ucapnya.
Menurut dia, jika memang ke depan ada kementerian khusus kependudukan, tugasnya tidak hanya menghitung jumlah penduduk, tapi juga menangani kualitas hidup manusia. “Tidak hanya ngurus soal laju pertumbuhan penduduk, tapi juga fokus kualitas hidup,” tutupnya. [geh]

Rate this article!
Tags: