Screening Operasi Katarak Hari Bhayangkara Melebihi Kuota

22-periksa-tes-kadar-gula-jelang-operasi-katarakPasuruan, Bhirawa
Masyarakat Kota Pasuruan tampak antusias mengikuti acara screning operasi katarak di gedung Bhayangkara Mapolres Pasuruan Kota, Rabu (21/5). Terbukti, dari kuota 150 orang yang dibutuhkan ternyata yang mendaftar sebanyak 260 orang.
Kasubag Humas Polres Pasuruan Kota AKP Sumarno mengatakan kegiatan sosial screning operasi katarak digelar Polda Jatim yang bekerjasama dengan Yayasan Budha Tzu Chi dalam memperingati Hari Bhayangkara ke 68. “Kegiatan sosial Hari Bhayangkara ke 68 ini tidak lain untuk membantu warga Kota Pasuruan karena mata sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia,” ujar AKP Sumarno.
Menurut Sumarno, pengecekan atau screning operasi katarak merupakan tahap awal. Masyarakat yang terkena penyakit katarak akan diperiksa terlebih dahulu oleh dokter dari Yayasan Budha Tzu Chi. Dari pemeriksaan itu, hasilnya akan diketahui mana saja pasien yang sudah waktunya untuk melaksanakan operasi katarak. “Pengecekan screening meliputi tensi dan kadar gula pasien. Jika terlalu tinggi maka belum bisa melakukan operasi,” tandas Sumarno.
Nantinya, pada 25 Mei nanti sebanyak 150 pasien terpilih dari Kota Pasuruan akan dikarantina di Surabaya. Dihari berikutnya, mereka menjalani operasi katarak di RS Bhayangkara Polda Jatim.
Salah satu warga, Yuliati Adiasih mengaku senang dengan kegiatan screning operasi katarak tersebut. Karena, wanita yang berusia 59 ini sudah limah tahun terjangkit penyakit katarak. “Saat mendapati ada operasi katarak di gedung Bhayangkara Polres Pasuruan Kota, sayapun langsung mendaftar. Sudah lima tahun mata kanan saya terkena katarak. Semoga mata saya ini bisa disembuhkan,” kata Yuliati Adiasih warga Kelurahan Bugul Kidul, Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan. [hil]

Tags: