SD dan SMP Diminta Menjaga Kebersihan Sekolah

Achmad Junaidi

Meski Pembelajaran Sistem Daring
Situbondo, Bhirawa
Meski ada Surat Edaran (SE) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mulai Januari 2021 semua sekolah bisa menerapkan sistem Pembelajaran Tatap Muka (PTM)
Namun Kabupaten Situbondo belum bisa memastikan kapan bisa menerapkan SE Mendikbud itu. Disisi lain, akibat pembelajaran sistem Daring justru membuat banyak sekolah SD dan SMP tampak kurang terawat.
Menyikapi kondisi itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo, Achmad Junaidi sudah mengeluarkan himbauan agar sekolah mulai tingkatan SD hingga SMP se-Kabupaten Situbondo selalu menjaga dan tetap merawat sekolah.
“Pasalnya, setiap hari sekolah selalu ada guru yang masuk. Baik itu giliran piket menjaga sekolah maupun sedang memimpin sistem pembelajaran Daring,” ujar Junaidi.
Jika kini masih belum ada yang merespon himbauan itu. Junaidi berjanji akan kembali mengeluarkan himbauan kedua agar semua sekolah mulai tingkatan SD hingga SMP, benar – benar memberikan perhatian serius atas keindahan, kebersihan dan kerapian sekolah.
“Jangan membiarkan kondisi sekolah hanya karena menjalankan sistem pembelajaran Daring. Sekolah harus tetap tampak bersih, jelas Junaidi.
Junaidi menegaskan, tak cukup menjaga keasrian sekolah, para guru dan Kepala sekolah juga diminta menjaga kondisi fisik sekolah. Sehingga tidak sampai ada sekolah yang kondisinya rusak total akibat tidak ada PTM.
“Ya kondisi fisik sekolah juga harus mendapat perhatian secara serius. Meski saat ini semua sekolah SD hingga SMP masih menerapkan pembelajaran Daring,” harap mantan Camat Kota Situbondo itu. [awi]

Tags: