SD Kreatif Gelar Virtual Meeting Kenalkan Tokoh Muhammadiyah juga Pahlawan Nasional

Ustadz Amri, Ustadz Madrus, Ustadz Taufiq dan Ustadz Abdul Khodim dengan berpakaian santri menghibur para siswa dengan menyanyikan Mars SD Kreatif. [trie diana]

Surabaya, Bhirawa
Moment Milad Muhammadiyah ke 108 tahun dan peringatan Hari Pahlawan. SD Muhammadiyah 16 Baratajaya Surabaya atau dikenal SD Kreatif menggelar Virtual Meeting bertema Mengenal Pahlawan Nasional dari Muhammadyah. Dalam dua moment yang hampir bersamaan ini para siswa dikenalkan para pahlawan nasional yang aktif dalam Pergerakan Muhammadiyah.
Menurut Kepala Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya, Ustadz Maulana Muhammad ST, Alhamdulillah Hari Rabu (18/11) ini (kemarin, red) SD Kreartif bisa memperingati Milad Muhammadiyah ke 108 Masehi meskipun masih dalam nuansa pandemic Covid 19, tetapi dengan tidak mengurangi kehidmatan dalam perayaan Milad Muhammadiyah tahun ini bisa memperingatinya bersama para siswa meski dengan cara virtual.
Dan SD Kreatif dalam Milad Muhammadiyah tahun ini mengambil tema Mengangkat Kader – kader Muhammadiyah yang Sudah Dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional, ternyata dari rahim Muhammadiyah lahirlah tokoh – tokoh nasional yang memberikan sumbangsih luar biasa kepada negara ini. Dan dari tokoh – tokoh Muhammadiyah inilah yang bisa mengubah peradaban Bangsa Indonesia menjadi lebih baik, maka dalam virtual meeting inilah mereka yang harus diperkenalkan kepada para siswa agar bisa dijadikan tauladan.
“Dan dalam virtual meeting peringatan Milad Muhammadiyah ke 108 Masehi dan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu. SD Kreatif Muhammadiyah 16 Surabaya memperkenalkan tokoh – tokoh Muhammadiyah yang telah dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional, diantaranya KH Ahmad Dahlan, Nyai Walidah (Istri KH Ahmad Dahlan) dan Jenderal Sudirman,” kata Ustadz Maulana, saat ditemui di sela – sela virtual meeting.
Ustadz Maulana menjelaskan, pada tahun – tahun sebelumnya SD Kreatif Muhammadiyah 16 Surabaya menggelar peringatan Milad Muhammadiyah secara tatap muka dengan para siswa, dengan menggelar berbagai lomba, pawai dan orasi oleh para siswa. Namun karena tahun ini moment peringatannya bertepatan dalam masa pandemi Covid 19 sehingga perayaannya digelar secara virtual atau online.
Namun meski masih dalam masa pandemi tetapi tidak mengurangi kehidmatan dalam peringatan yang digelar dengan sederhana tetapi tetap berkesan. Dan tetap memberikan pengalaman yang berbeda dengan menampilkan Anggota Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya yakni Ustadz Sugeng Purwanto, yang terus memberikan motivasi kepada para siswa agar tetap semangat belajar meski dalam masa pandemic Covid 19.
Dengan diperkenalkannya kader – kader Muhammadiyah yang telah diangkat dan dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional diharapkan para siswa menjadi bangga dan bisa meneladaninya, serta bisa mengikuti jejaknya dalam pembangunan dan mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangan oleh para pahlawan dan tokoh Muhammadiyah lainnya.
Dalam virtual meeting yang diikuti seluruh siswa SD Kreatif Muhammadiyah 16 Surabaya, selain mendengarkan orasi yang disampaikan Ustadz Sugeng Purwanto. Para siswa juga bisa menyaksikan profil kader – kader Muhammadiyah yang telah diangkat menjadi Pahlawan Nasional yakni KH Ahmad Dahlan, Nyai Walidah, Ir Soekarno (Proklamator yang pernah menjadi guru di sekolah Muhammadiyah), Ibu Fatmawati, Abdul Kahar Muzakkir, Ir H Juanda, Nani Wartabone, Gatot Mangkoe Pradja, Jenderal Sudirman, Koesman Singo Dimejo (perumus teks UUD 1945), Buya Hamka dan KH Fakhruddin.
Selain itu, para siswa juga diputarkan cuplikan film – film yang menceritakan tokoh Muhammadiyah. Seperti Film Sang Pencerah yang menceritakan KH Ahmad Dahlan, Film Jejak Dua Ulama, Film Nyai Walidah, Laskar Pelangi, Meniti 20 Hari Sudirman, Si Anak Kampoeng (menceritakan kehidupan waktu kecil Tokoh Muhammadiyah Safii Ma’arif, Film 9 Putri Sejati. [fen]

Tags: