Sebagai Produk Unggulan, Pemkab Pertahankan Jajanan Khas Blitar

6-FOTO adv 19-Gelar Produk UnggulanKab Blitar, Bhirawa
Berbagai jenis makanan atau jajanan asli Kabupaten Blitar yang jumlah dan jenisnya cukup banyak yang merupakan produk unggulan Kabupaten Blitar harus dipertahankan sebagai ciri khas Kabupaten Blitar. Bahkan Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar seringkali melakukan pembinaan, pelatihan serta memberikan bantuan modal dan peralatan secara langsung kepada para pengrajin makanan dan jajanan khas Blitar.
Diungkapkan Bupati Blitar, H Herry Noegroho SE, MH pihaknya berharap ciri khas Kabupaten Blitar dengan aneka ragam makanan dan jajanan khas Blitar ini wajib dipertahankan demi kelangsungan produk unggulan di Kabupaten Blitar sampai anak cucu nantinya.
“Hampir semua makanan dan jajanan khas Kabupaten Blitar sejak saya kecil hingga saat ini masih bertahan dan tetap diproduksi dengan hasil dan kualitas yang sama, untuk ini wajib kita pertahankan sebagai produk unggulan di Kabupaten Blitar sampai anak cucu kita nantinya masih bisa mengenal dan mengetahui apa saja saat kita kecil dulu biasa makan atau beli jajan,” kata H Herry Noegroho SE, MH.
Beberapa makanan dan jajanan khas Kabupaten Blitar diantaranya Wajik Kletik, Geti, Enting-Enting, Opak Gambir, Peyek, Madu Mongso, Sambel Pecel, Jenang Ketan dan sebagainya yang saat ini cukup banyak industri rumah tangga yang memproduksinya.
Ditambahkan Kepala Disperindag Kabupaten Blitar Drs. Molan, untuk melakukan pembinaan serta mengembangkan usaha makanan dan jajanan di Kabupaten Blitar pihaknya seringkali melakukan pembinaan dengan memberikan pelatihan untuk pemula serta peningkatan ketrampilan hingga memberikan bantuan permodalan berupa bantuan alat usaha.
“Pembinaan yang selama ini kami lakukan berupa peningkatan kapasitas dengan menggelar pelatihan dan bantuan peralatan sebagai modal usaha untuk membuat makanan dan jajanan khas Kabupaten Blitar sebagai produk unggulan Kabupaten Blitar,” kata Drs. Molan.
Di sisi lain pihaknya juga tetap berharap kepada para industri makanan dan jajanan khas Kabupaten Blitar ini untuk tetap mempertahankan kualitasnya, mulai dari bahan baku yang dipergunakan hingga masa berlaku agar jangan sampai menimbulkan persoalan.
“Karena hasil produksinya makanan dan jajanan, kami seringkali untuk mengingatkan kepada produsen dan penjual untuk selalu melihat masa kadaluarsanya. Termasuk melalui sidak dan pemeriksaan langsung di lapangan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan kepada konsumen. Apalagi ini biasanya sebagai oleh-oleh para wisatawan yang datang ke Blitar,” jelasnya.
Sementara perlu diketahui beberapa produk unggulan di Kabupaten Blitar yang sudah cukup dikenal baik di tingkat Daerah, Regional, Nasional maupun Internasional yang menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Blitar diantaranya Kerajinan Tempurung (batok) Kelapa, Sambel Pecel, Bubut Kayu, Gula Kelapa, Gerabah Seni, Keripik Buah, Batik Tulis, Senapan Angin, Aneka Mainan Anak, Roti Kering, Makanan Khas, Enteng-Enteng Kacang, Garmen, Mebelair dan berbagai produk unggulan lainnya. [htn*]

Keterangan Foto : Bupati Blitar, H Herry Noegroho, SE, MH bersama istri, Hj. Era Herry Noegroho saat menunjukkan makanan dan jajanan khas Kabupaten Blitar. [hartono/bhirawa]

Tags: