Sebanyak 2.999 Keluarga Miskin, Graduasi dari PKH Sidoarjo

Keluarga miskin di Kabupaten Sidoarjo penerima program bantuan, suatu saat diharapkan bisa hidup mandiri. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Data dari Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, dalam tahun 2019 lalu ada sebanyak 2.999 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Sidoarjo yang telah graduasi atau berakhirnya masa kepesertaan dari program keluarga harapan (PKM).
Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, Drs Ahmad Misbahul Munir MM, mengatakan kondisi graduasi dari peserta PKH di Kabupaten Sidoarjo itu, jenisnya macam-macam. Namun menurut Misbah, lebih banyak karena KPM sudah bisa hidup secara mandiri.
“Mereka sudah bisa hidup mandiri dari bantuan PKH. Bantuan PKH yang diterima dimanfaatkan untuk berwirausaha. Jenisnya bermacam-macam,” kata Misbah.
Diakui Misbah, graduasi bisa juga karena masa kepesertaan KPM dari PKH sudah berakhir. Misalnya, mendapat bantuan PKH untuk membiayai anak sampai dengan kelas 3 SMP.
Pada tahun 2020 ini, quota keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan kembali didapat oleh Kabupaten Sidoarjo dari PKH, kata Misbah adalah sebanyak 3000 KPM. Dikatakan KPM PKH di Kabupaten Sidoarjo pada tahap ke IV ini adalah sebesar 36.292.
Sementara itu, Agus Sugiarto SSTP MHP, Sekretaris dari Sekretariat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPD) Kabupaten Sidoarjo mengatakan, semoga pada tahun 2020 ini KPM PKH yang graduasi juga banyak yang mandiri.
“Itu akan membuktikan kalau pelatihan kerja maupun wirausaha untuk pengentasan kemiskinan dari OPD terkait berhasil,” katanya.
Pihaknya sebagai koordinator TKPKD, nantinya akan memberi target dan tugas besar kepada Dinas Sosial atau pendamping PKH, supaya bisa melahirkan graduasi-graduasi yang mandiri.
Bukan hanya graduasi karena masa bantuan dari PKH sudah habis.
“Sebab kalau hanya menunggu masa kepesertaan dari PKH sudah habis, semua KPM mungkin akan bisa. Yang penting itu bagaimana caranya dari bantuan PKH, KPM bisa terangkat dari kemiskinan,” kata Agus, yang juga Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kabupaten Sidoarjo itu. (kus)

Tags: