Segera Pertemukan Unair-Industri

Prof M Nasir

Prof M Nasir

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek) Prof M Nasir berjanji segera mempertemukan universitas dengan industri dan Kadin pada medio Desember 2014, termasuk Universitas Airlangga (Unair) Surabaya terkait hasil riset pil Keluarga Berencana untuk pria.
“Itu harus segera dilakukan karena pada 2014 saja ada 106 hasil riset yang siap diproduksi. Kalau dikalkulasi sejak 2008 ada 721 riset nasional. Pada 2015 sudah harus running produksi riset nasional,” katanya dalam siaran pers dari Humas Unair yang diterima, Minggu (30/11).
Di sela menghadiri pengukuhan Guru Besar Unair Surabaya, yakni Prof Dr Djoko Purwanto Apt, MSi (LPPM), Prof Dr Moh Nasih SE, MT, Ak CMA, CA (Wakil Rektor II Unair) dan Prof Dr Retna Apsari MSi (Wakil Dekan III Fakultas Vokasi Unair) pada Sabtu (29/11), ia menjelaskan harus ada koneksi antara lembaga riset, perguruan tinggi, dengan dunia usaha.
“Hasil riset harus kita lakukan hilirisasi, harus masuk dalam dunia usaha. Untuk itu, kami akan bergerak maraton untuk segera mewujudkan hasil riset nasional menjadi produk jadi. Kalau sudah paten, nanti kita langsung hubungkan dengan dunia usaha. Tinggal perusahaan yang memproduksi,” katanya.
Nasir juga menegaskan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti inovasi mahasiswa supaya bisa diproduksi massal. “Kami akan mengundang dunia usaha, Kadin (Kamar Dagang dan Industri) dan industri untuk menyikapi temuan mahasiswa supaya bisa diproduksi massal dan bernilai guna bagi masyarakat. Upaya itu akan dipimpin langsung Wapres Jusuf Kalla,” katanya. [tam]

Rate this article!
Tags: