Sehari, di Situbondo 45 Pasien Baru Terpapar Covid-19

Satgas Covid-19 Kabupaten Situbondo terus menggalang pencegahan sebaran virus corona. Salah satunya dengan merealisasikan penyemprotan disinfektan. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo semakin meningkat drastis. Dalam waktu sehari saja, ada 45 pasien baru yang terpapar Covid-19.

Jumlah penderita virus mematikan itu hampir merata tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Situbondo. Namun sebaran terbanyak berada di Kecamatan Situbondo dan Kecamata Panji.

Di dua Kecamatan ini, masing-masing ada 8 pasien serta Kecamatan Besuki dan Kecamatan Banyuglugur masing-masing ada 5 pasien.

Menurut Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Situbondo Dadang Aries Bintoro, saat ini jumlah total warga Situbondo terpapar Covid-19 sebanyak 1.546 orang.

Jumlah itu, aku Dadang, terdiri dari 1.312 pasien sembuh serta 107 pasien meninggal dunia. Dadang Aries Bintoro menegaskan, saat ini masih ada 127 pasien dalam perawatan medis.

“Dari data yang ada, saat ini sudah ada 17 pasien di rawat di rumah sakit, 102 pasien menjalani isolasi mandiri serta 8 pasien menjalani isolasi di pusat karantina Hotel Sidol Muncul Pasir Putih,” jelas Dadang.

Masih kata Dadang, kini zona merah penyebaran Covid-19 sudah tersebar di 6 Kecamatan. Diantaranya, sebut dia, Kecamatan Bungatan, Panarukan, Situbondo, Panji, Asembagus dan Banyuputih.

Dadang memastikan, agar sebaran Covid-19 tidak terus bertambah, Satgas Covid-19 terus menghimbau dan mengajak masyarakat untuk mensukseskan program 3-M. “Ayo tertib mamakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” pungkas Kadis Kominfosan (Komunikasi Informasi dan Persandian) Kabupaten Situbondo itu.

Di sisi lain, sebagai salah satu elemen Satgas Covid-19 Kabupaten Situbondo, Polres Situbondo mulai melakukan sosialisasi “Ingat Pesan ibu” di hari pertama operasi Lilin Semeru 2020, Selasa (22/12).

Operasi pengamanan dengan tema perayaan natal dan tahun baru (nataru) itu akan fokus melakukan pencegahan penyebaran Covid di Kota Santri Situbondo.

“Kami terus bersama Pemkab Situbondo dan elemen yang lain meminta masyarakat ikut mencegah sebaran Covid-19 di bumi salawat nariyah ini,” ungkap Kapolres Situbondom, AKBP Achmad Imam Rifai.

Pria dengan dua melati dipundaknya tersebut menegaskan, jajarannya secara berkesinambungan mendukung kinerja Satgas Covid-19 Kabupaten Situbondo, menjelang perayaan nataru 2020.

Kepolisian, sambung mantan penyidik KPK RI itu, telah mendirikan lima posko khusus untuk memantau perayaan nataru 2020, terutama di sepanjang jalan pantura serta di beberapa kawasan lokasi wisata.

“Sejak awal kami (Polri) menghimbau agar perayaan nataru berada di rumah saja bersama keluarga. Ini penting demi untuk menghindari kerumunan yang berpotensi menjadi pemicu sebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo,” jelas Kapolres Imam. [awi]

Tags: