Sekarang Urus Tanah Harus Pakai e-KTP

Surabaya, Bhirawa
Ini peringatan bagi warga Surabaya yang belum memiliki KTP elektronik (E-KTP).  Saat ini semua pengurusan pertanahan di kantor Badan Paertahanan Nasional (BPN) wajib menggunakan E-KTP.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya, Suharto Wardoyo mengatakan, Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) hal pemberlakukan KTP elektronik dalam pelayanan pertanahan, memberlakukan secara efektif KTP elektronik berlaku nasional .
Ketentuan ini juga tidak memperkenankan lagi masyarakat menggunakan KTP lama dalam setiap pelayanan pertanahan bagi masyarakat yang sudah memiliki KTP elektronik.
“Kami sudah menerima surat edaran dari Mendagri sejak 19 Maret lalu, isinya agar semua kantor kantor pertanahan di BPN wajib menggunakan E-KTP,” kata Suharto ketika di konfirmasi Bhirawa, Kamis (3/4).
Selama ini dalam pengurusan di BPN tambah Suharto, seperti sertifikat dan lainnya masih menggunakan KTP model lama. Namun dengan surat edaran ini maka harus menggunakan E-KTP. Tujuannya untuk tertib administrasi identitas pemohon,
“Dengan menggunakan E-KTP maka bisa mencegah adanya kepemilikan KTP ganda. Hal ini juga akan mengantisipasi pemohon dengan menggunakan banyak identitas,” tambahnya.
Meski di kantor BPN dan Pemkot Surabaya sudah menggunakan E-KTP namun KTP lama masih bisa digunakan khususnya bagi warga yang belum mengantongi E-KTP sebab KTP lama masih akan berlaku hingga akhir 2014. Terbitnya sertifikat lebih dari satu KTP akan bisa diantisipasi.
“Sampai saat ini perekaman KTP elektronik yang sudah direkam 1.674.805 dan yang belum direkam 489.307, maka dari itu kami menyambut baik aturan baru penggunaan E-KTP ini guna mendorong masyarakat untuk segera mengurusnya,” jelasnya.
Untuk 489.307 orang yang belum memiliki E-KTP diminta segera mengurusnya. Sebab untuk mengurus E-KTP kata Anang sapaan akrab Suharto sudah lebih efisien dan tidak perlu ribet.
Bahkan saat ini sudah banyak tempat pelayanan yang bisa melakukan perekaman E-KTP termasuk pada hari sabtu dan minggu di kelurahan-kelurahan.
“Kami juga buka di Royal dan ITC Mega Grosir bagi warga yang sedang belanja bisa mampir untuk direkam sidik jarinya,” katanya. [geh]

Rate this article!
Tags: