Sekdaprov Jatim Terima Bantuan APD Covid 19

Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono saat menerima bantuan APD dari perushaan swasta di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (18/6). [abednego/bhirawa]

Pastikan Bantuan dari Tiga Perusahan Segera Didistribusikan
Surabaya, Bhirawa
Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono menerima bantuan APD (Alat Pelindung Diri) dari tiga perusahaan. Heru mewakili Gubernur Jatim ini memastikan segera mendistribusikan bantuan percepatan penanganan Penanganan Covid 19 yang diserahkan simbolis di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (18/6).

Ketiga perusahaan pemberi bantuan ini yakni PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), PT Surabaya Meka Box (SMB), dan PT Asosiasi Kredit Indonesia (Askrindo). Dengan rincian bantuan yang diterima dari Protelindo berupa 2 ribu buah baju hazmat dan 5 ribu buah masker medis. Sementara dari SMB bantuan yang diterima berupa disposable bed sebanyak 25 unit. Kemudian dari Askrindo memberikan bantuan berupa baju hazmat, face shield, cover sepatu, dan masker non medis masing-masing sebanyak 440 buah.

‘’Sesuai arahan Ibu Gubernur, bantuan ini harus secepatnya disalurkan. Terutama bagi yang membutuhkan, seperti RS rujukan,’’ kata Heru Tjahjono usai menerima bantuan APD.

Heru yang juga selaku Kepala BPBD Jatim mengaku sudah memiliki data, baik dari 100 RS rujukan Covid 19 di Jatim dan juga Kabupaten Kota melalui Dinas Kesehatan masing – masing. Data itu merujuk pada laporan yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Jatim melalui Rumpun Preventif Promotif yang dikoordinasikan oleh BPBD Jatim.

Heru juga memastikan akan menyalurkan bantuan tepat sasaran. Sehingga bantuan benar – benar sampai kepada RS maupun fasilitan kesehatan yang membutuhkan. Dan dapat dipertanggungjawabkan peruntukannya bagi percepatan penanganan Covid 19 di Jawa Timur.

‘’Kalau RS atau fasilitas kesehatan membutuhkan masker, maka secepatnya diberikan masker. Begitu juga untuk bantuan bed, bisa secepatnya kita kirimkan ke RS darurat (Jl Indrapura, Surabaya, red),’’ ucapnya.

Heru mengungkapkan, bantuan yang diterima ini bisa membantu percepatan penanganan Covid 19 di Jatim. Pihaknya juga berharap kasus maupun penderita Covid 19 di Jatim tidak naik, melainkan bisa ditekan angkanya. Dan masyarakat semakin paham terhadap pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan physical distancing.

‘’Tentunya kami tidak berharap penderita Covid 19 naik. Namun semuanya harus segera dipersiapkan, sehingga sewaktu – waktu ada yang membutuhkan atau dalam kondisi darurat, kami sudah siap,’’ pungkasnya. [bed]

Tags: