Sekolah Mulai Susun RKAS

Bhiwara Sakti Pracihara

Cabdin Arahkan Penyusunan RKAS Sesuai Juknis
Surabaya, Bhirawa
SMA/SMK di Jawa Timur tengah mempersiapkan penyusunan rencana dan kegiatan anggaran sekolah (RKAS). Penyusunan RKAS ini tak hanya untuk dana bantuan operasional sekolah (BOS) melainkan juga Biaya Penunjang Operasional Penyelenggara Pendidikan (BPOPP).
Di SMKN 12 Surabaya, misalnya, penyusunan RKAS sudah dilakukan di awal Bulan Januari, atau per tahun anggaran. Menurut Kepala SMKN 12, Biwara Sakti Pracihara, peruntukkan BPOPP nantinya akan digunakan dalam biaya persiapan lomba. Sementara untuk gaji Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang tidak ter-SK akan dibiayai komite.
“Untuk gaji GTT/PTT dibiayai komite dan ini merupakan kesepakatan besama. Sementara untuk dana operasional sekolah akan diambilkan dari BOS,” ujar dia kepada Bhirawa, Minggu (19/1).
“Pria yang akrab disapa Praci ini menuturkan, batas penyusunan RKAS sendiri harus dituntaskan di akhir Bulan Januari. Bagi sekolah khususnya di SMKN 12 Surabaya, tahap pertama yang dilakukan mendapat masukan dari jurusan. Dari hasil itu, akan diolah oleh Waka dan didampingi bendara. Setelah final, RKAS akan diajukan ke Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) wilayah Sidoarjo.
Lain hal nya dengan SMA Dr Soetomo Surabaya, di tahun 2020 ini baru mengambil BPOPP. Namun, penyusunan RKAS sudah diserahkan sejak bulan nopember lalu di Cabdindik wilayah Sidoarjo.
“Untuk peruntukkannya dibagi rata semua. Antara kegiatan siswa dan juga gaji guru. Selain itu juga untuk persiapan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Sedangkan untuk biaya operasional kita juga ambilkan dari BOS,” ungkap Kepala SMA Dr Soetomo, I Nengah Sudiana.
Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) wilayah Sidorajo, Sukaryantho menjelaskan, dari hasil evaluasi tahun 2019, dalam penyusunan RKAS diharapkan menjadi bahan acuan Petunjuk Teknis (Juknis) untuk penyusunan RKAS yang baru. Ia meminta agar sekolah segera melakukan pembahasan. Karena arahan propinsi penyusunan RKAS sendiri diharuskan selesai hingga akhir Januari ini.
“Secara umum penyusunan RKAS sudah sesuai Juknis. Kini kami dalam proses evaluasi program dan pertanggung jawaban administrasi saja,” kata dia.
Kendati begitu, ia meminta agar dalam penyusunan RKAS sekolah lebih mendetailkan program yang akan dikerjakan agar lebih tepat tujuannya. Misalnya, bagaimana kegiatan kesiswaan atau ekstrakulikuler mampu mengukur perubahan perilaku siswa atas kegiatan yang diikuti. Kedua, dari segi pertanggung jawaban administrasi.
“Agar semuanya tepat waktu sesuai target dari Dinas Pendidikan Provinsi, karena ada satu atau dua sekolah yang agak terlambat hal itu masih bisa dipahami karena program baru. Di mana pola pertanggungjawaban harus mengikuti ketentuan yang berlaku. Baik dari segi waktu, tata cara dan prosedur,” tandasnya. [ina]

Rate this article!
Sekolah Mulai Susun RKAS,5 / 5 ( 1votes )
Tags: