Sekretaris Partai Demokrat Lamongan: Hanya Bahas Penjaringan Internal

Yuhronur Efendi (Sekdakab Lamongan) , Debby Kurniawan (Putra Fadeli) dan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono bertemu di Cikeas hanya  membahas terkait penjaringan internal Partai Demokrat Lamongan dalam Pilkada 2020.(Alimun Hakim/Bhirawa).

(Akui Ada Pertemuan Antara YES , Deby dan SBY)
Lamongan,Bhirawa  
Teka – teki Partai Demokrat Lamongan pada Pilkada 2020 ini sudah menunjukkan tanda – tanda. Salah satunya adalah adanya pertemuan  anatara Ketua DPC Partai Demokrat Lamongan,Debby Kurniawan ( Putra Fadeli ) , Yuhronur Effendi (YES) dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
DPC Partai Demokrat (PD) Lamongan membenarkan jika memang ada pertemuan antara Ketua DPC PD Lamongan, Debby Kurniawan atau Iwan, Yuhronur Efendi (YES) dengan Ketua umum Partai Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudoyo (SBY) di Cikeas.
“Ya kemarin itu  memang ada pertemuan antara Pak Ketua (Iwan), Pak Yuhronur dan Pak SBY. Kebetulan Pak Iwan ada turnamen di Cikeas, jadi ketemu di Cikeas” kata Sekertaris DPC Demokrat Lamongan, Yanuar Yudha, ketika dikonfirmasi via watshaapnya, Minggu (26/1) siang.
Yanuar menjelaskan, Dalam pertemuan tersebut  hanyalah membahas terkait penjaringan internal partai untuk menghadapi Pemilihan Bupati Lamongan dan Wakil Bupati Lamongan dalam Pilkada 2020.“Memang pertemuan tersebut diantaranya membahas terkait penjaringan  bakal calon” jelasnya.
Meski ada pertemuan dengan salah Sekretaris Daerah Yuhronur Effendi ,Yanuar menandaskan jika Partai Demokrat masih tetap menunggu arahan dari DPP salah satunya terkait penjaringan internal partai.Hingga saat inipun belum sampai pada rekomendasi kepada salah satu calon.”Kami masih menunggu arahan lebih lanjut dari DPP,Semuanya masih belum.Masih terkait penjaringan dulu,” tandasnya.
Partai Demokrat menjadi partai yang paling tenang dalam perpolitikan di Lamongan.Dengan 9 kursi yang dimilikinya,partai Demokrat memiliki peluang untuk membuat poros sendiri dengan catatan hanya dengan menambah 1 kursi sudah cukup untuk modal pencalonan Bupati.
Pada Pilkada 2015 , Partai Demokrat Lamongan menjadi partai pemenang dan sukses mengantarkan kadernya Fadeli menduduki kursi Bupati yang berpasangan dengan Wakilnya Kartika Hidayati.Kini,Pola partai politik semakin dinamis, mengingat Fadeli sudah dua periode memimpin Lamongan. 
Petani jagung,Sholahuddin muncul sebagai fenomena baru dan menyatakan maju mencalonkan diri di Pilkada. 
Sholahuddin turut berkontestasi mengikuti penjaringan internal di parpol PDIP , Gerindra , PPP dan Nasdem. Bersama dengan figur birokrat lainya yakni Sekda Yuhronur dan Wabup Kartika Hidayati dan putra mahkota Fadeli untuk berebut rekomendasi partai.
Sementara di poros PKB telah melakukan konsolidasi koalisi tiga partai yakni PKB,PDIP dan Gerindra Lamongan.Ketiga partai bersepakat mengusung nama Sholahuddin.
Terpisah Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lamongan, Makrus Ali, mengatakan,Terkait pendaftaran Bacabup dan Bacawabup dalam Pilkada Lamongan dibuka mulai tanggal 16 Juni  hingga 18 Juni mendatang dan kemudian dilakukan verifikasi,” katanya.
Hal itu, lanjutnya,  sesuai dengan Perturan KPU RI Nomer 18 Tahun 2019 Tentang pencalon dan PKPU Nomer 16 terkait tahapan Pilkada 2020. [aha]

Tags: