Selama Bulan Ramadan, Pemkot Blitar Tutup Total Semua Karaoke

Santoso

Kota Blitar, Bhirawa
Selama menjalankan ibadah Puasa Ramadhan tahun 2021, Pemerintah Kota Blitar menutup semua tempat Karaoke dan melarang Kafe menggelar acara live music.
Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan sebagai dasar penutupan tempat Karaoke di Kota Blitar pihaknya mengeluarkan Surat Edaran tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri tahun 1442/2021.

“Surat Edaran ini mengatur semua kegiatan masyarakat selama bukan Ramadan sampai Hari Raya Idul Fitri,” kata Wali Kota Blitar, Santoso, Kamis (8/4).

Lanjut Wali Kota Blitar Santoso, tempat hiburan malam dan Karaoke akan ditutup sementara mulai tanggal 12 April 2021 sampai 13 Mei 2021 yang telah diberikan kepada para pelaku usaha dan pengelola tempat ibadah di Kota Blitar.

“Khusus untuk tempat Karaoke tutup sementara selama Ramadan,” ujarnya.

Selain itu dikatakan Wali Kota Santoso, dalam Surat Edaran tersebut juga mengatur operasional warung makan, kafe, dan restoran, dimana untuk warung makan dan restoran yang menyediakan makan sahur bisa buka mulai pukul 02.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB. Sedangkan jam operasional untuk kafe mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.

“Namun pengelola kafe diimbau untuk menutup sementara usahanya mulai pukul 19.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB untuk pelaksanaan salat tarawih serta dilarang mengadakan live musik atau hiburan lainnya,” jelasnya.

Tambah Wali Kota Santoso, selama bulan suci Ramadhan untuk kegiatan salat tarawih di masjid dan musala tetap diperbolehkan, dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Dengan menyiapkan petugas khusus untuk mengecek suhu tubuh dan meminta semua jamaah tetap menggunakan masker serta jaga jarak,” imbuhnya.

Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar, Hadi Maskun juga menambahkan untuk menertibkan dan menerapkan Surat Edaran tersebut pihaknya akan meningkatkan Patroli selama Ramadan, dimana Patroli tersebut dilakukan untuk memastikan para pelaku usaha dan masyarakat mematuhinya.

“Kalau ada yang melanggar pasti akan ada sanksi, dan ini kami tegakkan untuk semuanya,” tegasnya. [htn]
c

Tags: