Selama PPKM Mikro , Kesadaran Masyarakat akan Prokes Meningkat

Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat, S.E, M.Si saat dikonfirmasi awak media di Mapolres setempat.(Ihsan Kholil/Bhirawa)

Bondowoso, Bhirawa
Selama diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di Kabupaten Bondowoso, justru kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan (Prokes) meningkat.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rahmat saat dikonfirmasi awak media di Mapolres Bondowoso, Selasa (23/3).

“Selama ini dengan adanya PPKM Mikro, masyarakat justru gak turun kesadarannya, meningkat. Memang masih ada di desa-desa yang gak pakai masker dan sebagainya,”bebernya.

Wabup Irwan menerangkan, meski kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan meningkat, pihaknya akan tetap lebih mengoptimalkan PPKM Skala Mikro yang ke tiga.

“Kita akan mengoptimalkan PPKM Mikro yang ketiga ini nanti,” kata Wabup Irwan pada awak media.

Untuk sementara ini kata dia, dengan di pemberlakuannya pembatasan kegiatan masyarakat, di Bondowoso ini sudah ada beberapa daerah yang sudah zona hijau. Namun masih ada beberapa daerah yang zona kuning.

“Di Bondowoso sudah banyak zona hijau. Yang zona kuning hanya 11 RT kalau gak keliru,” ungkapnya.

Akan tetapi untuk itu, Wabup Irwan pun menghimbau agar masyarakat Bondowoso tetap dapat mengedepankan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas).

“Sehingga jangan sampai sebaran Covid-19 ini tambah melonjak. Makanya kita sementara ini tidak akan terlalu ketat. Karena kita sudah banyak zona hijau, zona kuning hanya 11 Rt,”jelasnya.

Disamping itu Irwan menjelaskan, bahwa pihaknya akan mempersiapkan strategi baru dalam rangka menggeliatkan ekonomi di Bondowoso ini.

“Kalau dulu, aturannya kalau berkumpul tidak boleh lebih 50 persen, mungkin sekarang akan ditingkatkan 60 sampai 70 persen. Ini masih simulasinya, sehingga kita akan mengusulkan perubahan Perbup,” tandasnya. [san]

Tags: