Selama PPKM, Pemkot Blitar Alihkan Pelayanan Adminduk Online

Imam Muslim

Kota Blitar, Bhirawa
Selama pandemi Covid-19 dan diberlakukannya Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Blitar berikan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) secara online.

Plt. Kepala Dispendukcapil Kota Blitar, Imam Muslim mengatakan pemberlakukan pelayanan Adminsuk online ini sesuai dengan SE Walikota No. 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Untuk Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, sehingga terhitung sejak awal pelaksanaan PPKM seluruh layanan dinas setempat dialihkan ke online, kecuali perekaman e-KTP.

“Langkah ini sebagai upaya Dinas setempat untuk mendukung kebijakan Pemerintah, tanpa mengabaikan layanan kepada masyarakat, dan pada pelayanan ini kecuali perekaman e-KTP,” kata Imam Muslim.

Lanjut Imam, layanan kepengurusan dokumen kependudukan dan surat keterangan kependudukan sepenuhnya dialihkan ke online sampai tanggal 25 Januari 2021 dan akan dievaluasi kembali jika masih diperlukan ada perpanjangan PPKM, dimana dicontohkan Imam diantaranya seperti layanan dokumen kependudukan seperti kepengurusan Biodata Penduduk, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk ( KTP ), Surat Keterangan Kependudukan, dan Akta Pencatatan Sipil. Sedangkan layanan surat keterangan kependudukan meliputi Surat Keterangan Pindah, Surat Keterangan Kelahiran, dan lain-lain.

“Kepengurusan layanan ini bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi sipak.blitarkota.go.id. Namun demikian untuk layanan perekaman e-KTP masih bisa dilakukan secara tatap muka di kantor dinas setempat,” jelasnya.

Bahkan dikatakan Imam, untuk perakaman e-KTP tetap dilayani pada jam kerja, dengan menerapkan protocol kesehatan Covid-19 yang ketat, dimana pihaknya juga menyebut tidak ada batasan pelayanan, karena mayoritas warga Kota Blitar yang usianya 17 tahun ke atas sudah melakukan perekaman.

“Khusus perekaman kami layanai setiap hari dengan wajib menerapkan Protkes, , bahkan ketersediaan blanko e-KTP juga masih aman,” ujarnya.

Tambah Imam, selain di Kantor Dispendukcapil untuk perekaman e-KTP juga bisa dilakukan di tiga Kantor Kecamatan Kota Blitar, namun kecuali untul Kecamatan Sukorejo yang saat ini masih ada troubel sistem.

“Sehingga perekaman untuk warga Kecamatan Sukorejo bisa dilayani di Kantor Dispendukcapil,” imbuhnya. [htn]

Tags: