Seleksi KPUD Sumenep Gandeng PT

iiibnuSurabaya, Bhirawa
?Komisis Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumenep tak ingin main-main dalam menjaring anggota baru. Seleksi ketat dilakukan hingga melibatkan tim dari Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya. Tim ini bertugas untuk melakukan tahapan tes psikologi pada calon anggota baru..
?Sembilan orang dibentuk untuk melakukan psikotes calon anggota KPUD Sumenep periode 2014-2019. Tahapan itu akan berlangsung selama sepekan, yakni mulai 5 hingga 12 Mei. Saat ini, terdapat 43 calon KPUD yang akan ikut seleksi. Usai mengikuti tes, 20 orang yang memiliki kriteria sesuai dengan standar yang ditetapkan akan dipilih.
Koordinator Tim Psikolog Untag Surabaya Amanda Pasca Rini MPsi menuturkan, terdapat beberapa rangkaian yang disusun untuk tes psikologi. Diantaranya ialah psikotes yang menyangkut aspek intelegensi, sikap kerja, kepribadian, dan kepemimpinan. “Aspek-aspek itu akan diungkap melalu tiga tahapan. Terdiri dari psikotes, FGD (Focus Group Discussion), dan interview,” tutur Amanda saat dihubungi, Kamis (8/5).
Usai tahapan ini, tim psikologi Untag akan memberikan rekomendasi kepada tim seleksi KPU Sumenep. “Berkas 20 orang yang lolos tes psikologi selanjutnya akan diserahkan ke tim seleksi. Selanjutnya, keputusan ada ditangan tim seleksi,” tutur dia.
?Sementara itu, Ketua Tim Seleksi KPUD Sumenep Ibnu Hajar mengatakan, pekan ini adalah tahap akhir dari proses seleksi calon anggota KPUD Sumenep. Psikotes kali ini lebih difokuskan pada pengukuran sikap kerja untuk menjadi anggota KPUD Sumenep. Prosedur seleksi ini telah diatur dalam peraturan KPU Nomor 47 Tahun 2013 tentang rekam medik diatur yang tidak boleh ditinggalkan. “Hal ini ditekankan untuk menghindari terjadinya kesalahan komunikasi seperti yang sempat terjadi sebelumnya,” ujar dia.?
?KPU akan berusaha seobjektif mungkin dalam mengakumulasikan poin-poin penting mulai dari administrasi, tes tulis, tes jasmani, rohani, narkoba, hingga psikotes ini. Hasil akumulasi ini akan menentukan,  siapa saja yang berhak untuk lanjut pada tahap berikutnya sampai menjadi anggota KPUD Sumenep. Dari seluruh rangkaian tes psikologi ini diharapkan dapat memberikan hasil yang sesuai harapan. “Prinsipnya, KPUD Sumenep benar-benar mempunyai kapabilitas dan integritas. Sehingga kredibilitas hasil pemilihan umum juga tidak diragukan.
Dalam melaksanakan psikotes ini KPU tidak boleh sembarangan dalam menentukan lembaga psikologi. Tim seleksi KPUD Sumenep memilih Untag Surabaya karena telah banyak mendapat rekomendasi. Sebab, mau tidak mau, anggota KPUD yang terpilih nanti akan menanggung beban kerja yang tinggi.  “Kami telah melakukan berbagai pertimbangan mengenai layak atau tidaknya suatu lembaga psikologi dalam berbagai perspektif,” pungkasnya. [tam. din]

Keterangan Foto : Ketua Tim Seleksi KPUD Sumenep Ibnu Hajar.

Rate this article!
Tags: