Seleksi Popnas Dayung Jatim, Utamakan Tinggi Badan

42 atlet pelajar dayung harus bersaing ketat untuk bisa masuk di PPLP maupun tim Popnas Jatim. [wawan triyanto]

Surabaya, Bhirawa
Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jatim kembali menggelar seleksi awal untuk persiapan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2021, kali ini giliran cabang olahraga dayung menggelar seleksi atlet di Sungai Rolak Surabaya.
Seleksi ini diikuti oleh 42 atlet dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan atlet yang sudah tergabung di Program Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP). Mereka harus bisa bersaing dan mengeluarkan semua kemampuannya agar bisa membela Jatim diajang Popnas 2021 Palembang-Babel.
Menurut Pelatih PPLP Jatim, Rini Riatiana, selain teknik mendayung, ia lebih mengutamakan atlet pelajar yang memiliki postur tubuh tinggi. Sebab olahraga ini postur tubuh sangat menentukan agar mereka bisa memaksimalkan kayuhannya.
“Tinggi badan menjadi pertimbangan utama, untuk siswa SMP tinggi badan putra minim 175cm dan putrid 165 cm,” kata Rini Riatiana saat ditemui di lokasi seleksi, Rabu (18/11).
Lebih lanjut mantan pedayung nasional yang sudah meraih juara di beberapa event internasional termasuk SEA Games 1997 itu menjelaskan, untuk pembinaan, ia lebih memilih siswa SMP karena program pembinaan lebih panjang untuk persiapan Popnas. “Selain untuk Popnas, ada beberapa atlet PPLP yang bergabung di Puslatda Jatim,” kata pelatih spesialis nomor rowing itu.
Saat ini ada empat atlet yang sudah bergabung di PPLP, mereka adalah Victor Diva Yos Sudarso, M Dary Nurul Fakhrudin (putra), Eanis Auliya Nurfaroid, Imelda Putri (putrid). “Mereka semua di kelas Rowing,” katanya.
Sementara itu Pelatih Klub Dayung Barbossa Surabaya, Kohar melihat, kemampuan atlet PPLP masih diatas atlet non PPLP. “Kemampuan teknik maupun fisik masih bagus PPLP sebab mereka sudah punya program latihan yang sudah pakem,” katanya.
Sebelumnya Kepala Dispora Jatim, Supratomo sudah meminta kepada para pelatih untuk jeli saat memilih atlet pelajar untuk masuk program PPLP maupun persiapan Popnas. Sebab mereka yang terpilih harus sudah memiliki teknik maupun kesiapan fisik.
“Mereka yang masuk PPLP maupun persiapan Popnas adalah atlet terbaik, kemudian mereka akan dilatih oleh pelatih yang berkompeten,” kata Supratomo. [wwn]

Tags: