Selidiki Pemilih Ganda, KPU Kerahkan PPK

Sofie Rahma Dewi

Sofie Rahma Dewi

Kab Malang, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang telah mengerahkan tenaga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menyelidiki Daftar Pemilih Ganda (DPG). Karena sebelumnya, tim pemenangan pasangan calon (paslon) Bupati Malang nomor urut dua Hj Dewanti Rumpoko-Hj Masrifah Hadi menemukan DPG pada daftar pemilih.
“Kami sudah mengerahkan seluruh PPK untuk mengecek kembali Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diduga ganda. Sehingga dengan adanya temuan DPG itu, maka KPU Kabupaten Malang melakukan penyelidikan, agar waktu pencoblosan Pemilihan Bupati (Pilbup) Malang tidak terjadi persoalan,” kata Komisioner KPU Kabupaten Malang Sofie Rahma Dewi, Rabu (30/9), kepada wartawan.  Selain itu, ia melanjutkan, penyelidikan DPS tersebut sangat penting menjelang penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sehingga 33 PPK yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang untuk meneliti kembali DPS, dan jika ditemukan maka akan kita perbaiki sebelum DPS ditetapkan sebagai DPT. Sementara, jumlah DPS sebanyak 2,1 juta orang, dari total penduduk Kabupaten Malang sebanyak 2,8 juta orang.
“Penetapan DPT akan kita lakukan pada 2 Oktober 2015 mendatang, sehingga dalam penetapan DPT tersebut, jumlah pemilih bisa berkurang dan bahkan bisa bertambah. Sehingga sebelum penentapan DPT maka KPU melalui masing-masing PPK untuk melakukan cross cek kembali,” tutur Sofie.
Secara terpisah, Tim Pemenangan Paslon Nomor Urut Dua Hj Dewanti Rumpoko-Hj Masrifah Hadi, Bagyo Prasasti Prasetyo membenarkan, jika dirinya telah menemukan DPG secara menyeluruh di wilayah kecamatan. Sedangkan total DPG tersebut mencapai 28.554 orang. Dengan rincian laki-laki sebanyak 14.160 orang, dan perempuan sebanyak 14.394 orang.
“Dan jika DPS tidak diperbaiki oleh KPU, pasti akan rawan terjadi kecurangan dalam Pemilukada nanti,” terangnya.
Dirinya berharap, KPU Kabupaten Malang sebelum menetapkan DPT terlebih dahulu harus melakukan perbaikan DPS. Karena DPG akan dimanfaatkan paslon lain, terutama paslon incumbent. Dan jika DPS tidak diperbaiki maka pihaknya akan melaporkan KPU Kabupaten Malang ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).  [cyn]

Tags: