Seluruh Masjid di Sidoarjo Akan Dilakukan Penyemprotan Disinfektan

Petugas dari Dinkes Sidoarjo menyemprotkan cairan anti virus disinfektan ke lantai Masjid. [alikus/bhirawa]

(Jadwal Safari Jum’at Wabup Ditunda, Gara-Gara Wabah Virus Corona)
Sidoarjo, Bhirawa
Berkembangnya wabah virus Convid-19 merubah jadwal kegiatan Pemerintahan di Pemkab Sidoarjo. Termasuk jadwal Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin, yang rencananya akan melakukan kegiatan rutin Safari Sholat Jum’at ke wilayah kecamatan.
Informasi yang didapat, rencananya pada Jum at hari ini (20/3), akan dilaksanakan kegiatan Safari Sholat Jum at. Namun karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan tersebut, informasi dari Bagian Kesra Setda Sidoarjo, Program Safari Salat Jum at itu sementara waktu belum bisa dilaksanakan.
“Sampai waktu yang belum bisa ditentukan, karena harus melihat perkembangan,” komentar Kabag Kesra Pemkab Sidoarjo, Zainul Arifin SH, Kamis (19/3) kemarin.
Apalagi dalam waktu ini, semua Masjid di Kab Sidoarjo, secara bertahab akan dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas dari Dinkes Kabupaten Sidoarjo dan petugas dari Puskesmas.
Menurut Kabid Promosi Kesehatan Dinkes Kab Sidoarjo, dr Abdilah Asegaf, penyemprotan anti virus disinfektan itu karena Masjid merupakan tempat berkumpulnya masyarakat banyak. Sehingga harus dijaga kebersihannya, jangan sampai ada virus Convid-19.
“Nanti secara bertahab tidak hanya Masjid yang akan kita semprot dengan anti virus disinfektan ini, tapi juga tempat ibadah yang lain, seperti Gereja dan Kelenteng,” katanya.
Masjid besar yang, kemarin, dilakukan penyemprotan disinfektan tersebut diantaranya seperti Masjid Agung Sidoarjo, yang sempat disakaikan oleh Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudin.
Kemudian ada Masjid An Nur Muhamadiyah, Masjid Arrochman di Desa Jati Kec Sidoarjo, Masjid Al Abror, Masjid Baitus Su ada di Desa Sumokali Kec Candi.
“Jum’at besok (hari ini) , kita juga akan melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah Gereja dan Kelenteng,” ujarnya. Sementara penyemprotan pada Masjid atau tempat ibadah lain yang ada di wilayah Kecamatan, kata dr Abdilah, nanti akan dilaksanakan petugas dari Puskesmas setempat.
Terpantau, salah satu Masjid yang berada di salah satu OPD Kab Sidoarjo, kemarin, yakni BPPD Sidoarjo, juga dilakukan penyemprotan Disinfektan oleh petugas dari Dinkes Sidoarjo dan dibantu pegawai dari BPPD Sidoarjo sendiri. [kus]

Tags: