Seluruh OPD Pemkab Tuban Wajib Lakukan Inovasi

Para narasumber saat memaparkan materi pada pelatihan Penyusunan Proposal Inovasi Pelayanan Public di ruang rapat lt. III Setda Tuban, Kamis (14/03).

Tuban, Bhirawa
Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Tuban, datangkan dua narasumber inovasi untuk mensuport seluruh OPD dan perwakilan kecamatan dalam Penyusunan Proposal Inovasi Pelayanan Public di ruang rapat lt. III Setda Tuban, Kamis (14/03).
Dua narasumber itu adalah dari Kabag Tata Laksana Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur, Agung Putu Iskandar, SS, MSi dan dari GIZ Transformasi, Redhi Setiadi, SIP, MPA
Pelatihan pembuatan proposal Inovasi Pelayanan Public ini dibuka secara langsung oleh Asisten Administrasi Umum, Drs. Achmad Amin Sutoyo, yang menyampaikan akan pentingnya inovasi, selain agar terus digerakan untuk menjawab tantangan kedepan.
Dari pelathan ini diharapkan dengan inovasi inilah, akan menjadi jawaban terkait dengan permasalahan-permasalahan yang ada, baik di bidang pelaksanaan pemerintahan, pembangunan sekaligus juga tantangan kedepan untuk memenuhi tuntutan jaman.
“Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahunnya, guna untuk merangsang seluruh OPD di Kabupaten Tuban agar terus berinovasi menjadi lebih baik,” kata Drs. Achmad Amin Sutoyo.
Mantan asisten Administrasi Umum ini, juga menghimbau pentingnya inovasi agar tidak menjadi stagnan, tidak hanya survive untuk menunjukkan suatu keadaan menjadi lebih baik lagi. Termasuk di dalamnya terkait dengan masalah pelayanan.
“Harapan saya, harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung,” pinta Asisten Administrasi Umum Pemkab Tuban ini.
Lebih lanjut, Amin juga menyampaikan pelayanan juga termasuk tidak hanya pada public, melainkan pelayanan juga meliputi untuk OPD. Yaitu pelayanan kepada aparatur, untuk sesama aparatur. Salah satu contohnya di bidang kepegawaian.
Terkait hal ini, inovasi sangat diperlukan. Apalagi yang digalakan oleh Pemerintah khususnya dibidang pelayanan public, yang harus memenuhi standart pelayanan minimal dan tidak hanya itu saja, pelayanan public juga harus menjadi prima.
“Salah satu bentuk untuk menjadi prima, maka harus berubah, berubah sesuai dengan permasalahan yang ada untuk menciptakan inovasi yang lebih baik,” tegasnya.
Untuk mendukung Pelayanan Public termasuk untuk memajukan suatu daerah, maka di BAPPEDA ada kegiatan bagaimana mendorong untuk memberikan masyarakat agar berpatisipasi aktif dalam rangka untuk inovasi di daerah, khususnya di Kabupaten Tuban.
“Untuk bagian organisasi yang ditangani adalah pelayanan public untuk mendorong terus- menerus bagaimana pelayanan yang lebih baik guna mewujudkan visi dan misi Bapak Bupati Tuban,” imbuhnya.
Adapun perwakilan dari kecamatan yang hadir dalam kegiatan ini adalah dari Kecamatan Tuban, Kecamatan Semanding, Kecamatan Soko dan Kecamatan Plumpang. (Hud)

Tags: