Seluruh Pengendara dan Masyarakat di Kota Pasuruan Beri Sikap Sempurna saat Detik-detik Proklamasi

Sejumlah pengedara dan masyarakat berhenti sejenak untuk sikap sempurna saat momentum peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI di simpang empat Kebonangung Kota Pasuruan, Rabu (17/8). [Hilmi Husain]

Pasuruan, Bhirawa
Sebagian besar masyarakat di HUT Kemerdekaan RI ke-77 merasakan momen HUT. Termasuk pula para pengguna jalan.
Di Kota Pasuruan, tepatnya di sejumlah simpang empat, seluruh pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat menghentikan kendaraannya dan mengambil sikap sempurna tepat saat momentum peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI atau sekitar 10.10.
Mereka ikut dipandu oleh polisi kecil Polres Pasuruan Kota dan polisi yang sedang menjaga lalu lintas di kawasan tersebut.
Begitu saat pengibaran bendera merah putih, masyarakat, pengendara dan polisi langsung memberikan penghormatan kepada Merah Putih.
Sejumlah simpang empat yang dijaga polisi yang bertugas memimpin warga melakukan sikap sempurna di simpang empat Jalan Panglima Sudirman, Jalan Balaikota dan Kebonagung, Kota Pasuruan.
Selanjutnya, saat lagu kebangsaan Indonesia Raya diputar, tampak masyarakat turun ke jalan dan menghentikan perjalanannya sejenak untuk memberikan penghormatan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama polisi yang bertugas.
“Bapak dan Ibu, mohon izin untuk matikan kendaraannya dan berhenti sejenak. Kita akan memberikan penghormatan saat proklamasi Kemerdekaan,” ucap salah satu petugas yang berjaga di lokasi.
Seusai melakukan sikap sempurna, polisi kecil Polres Pasuruan Kota juga membagikan bendera merah putih kepada pengendara.
“Dan ada juga bagi-bagi bendera Merah Putih untuk pengendara. Adapun tujuannya yakni bersama masyarakat untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan yang telah memerdekaan kemerdekaan bangsa Indonesia ini,” tandas AKP Yudhiyono, Kasatlantas Polres Pasuruan Kota.
Salah satu pengendara, Zainuddin menyatakan puas bisa ikut merasakan momentum detik-detik proklamasi. Karena, selama ini dirinya hanya bisa ikut dalam momentum tersebut melalui siaran di televisi.
“Harapan saya adalah di HUT RI ke-77, semua masyarakat Indonesia bisa tetap bersatu dan bangskit melawan pandemi,” kata Zainuddin, warga Bugul Kidul, Kota Pasuruan. [hil.why]

Tags: