Semangat Kartini

fatma-saifulah-yusufDra Hj Fatma Saifullah Yusuf
Kaum perempuan harus mempersiapkan diri menghadapi AEC 2015 (Asean Economic Community) dengan cara memotivasi dan meningkatkan kemampuan diri. Di samping hal tersebut, perempuan juga harus memahami kodratnya sebagai perempuan serta mampu mempertahankan nilai-nilai budaya timur.
“Perempuan Indonesia harus mampu mengembangkan dan memberdayakan diri dengan meningkatkan kemampuan menghadapi AEC 2015,” kata istri Wakil Gubernur Jatim Dra HJ Fatma Saifullah Yusuf saat membuka peringatan Hari Kartini Tahun 2014 di Empire Palace, Selasa (22/4).
Fatma mengatakan,  dalam menghadapi pasar bebas nanti, seorang perempuan tidak boleh berpangku tangan, tetapi terus melakukan aktivitas dan kegiatan profesi maupun sosial budaya. “Perempuan Indonesia yang mempunyai kemampuan dan meneladani semangat dan cita-cita Kartini,” kata Fatma yang juga menjabat  Ketua umum Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jatim.
Semangat Kartini, menurutnya, bisa diimplementasikan oleh perempuan zaman sekarang dengan melakukan kegiatan profesi di segala bidang. Buktinya perempuan sekarang bisa menjadi pejabat dan penentu kebijakan.
“Perempuan yang saat ini tidak hanya mengurus keperluan rumah tangga saja. Tetapi dapat membantu suami  menjadi tulang punggung ekonomi keluarga karena faktor keadaan dan terbukti perempuan mampu melakukan,”ujarnya.
Karier dan profesi zaman sekarang  tidak memandang  siapa yang mengerjakan laki-laki atau perempuan. Banyak perempuan yang berprofesi menjadi dosen, gubernur, wali kota, bupati bahkan presiden.
“Ini wujud semangat dan cita-cita Kartini, perempuan mampu melakukan pekerjaan yang dikerjakan laki-laki,” katanya.
Dia mengingatkan, segala profesi atau kegiatan yang dilakukan, perempuan tetap tidak boleh melupakan kodrat sebagai perempuan, yaitu sebagai istri pendamping suami dan ibu dari anak-anak yang dilahirkan. “Sesibuk apapun seorang perempuan tugas mengurus keluarga adalah yang utama,” pesannya. [rac]

Rate this article!
Semangat Kartini,5 / 5 ( 1votes )
Tags: