Semarakkan HJKS, Seniman Perancis Gelar Pertunjukan

Sem-Brundu-lr02-hdPemkot Surabaya, Bhirawa
Pada Hari Jadi Kota Surabaya ke-721 ini, banyak warga asing yang berpartisipasi ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Surabaya ini. Karena kota Surabaya sukses menjadi etalase budaya, tak hanya kultur dalam negeri, Kota Pahlawan juga mulai dilirik sebagai tempat eksebisi budaya asing.
Salah satunya pertunjukan pentas tari kontemporer bertajuk Your Ghost is Not Enough dengan koreografer Frank Micheletti yang digelarĀ  Institut Francais Indonesia (IFI).
Perwakilan IFI Pramenda Krishna mengatakan, festival seni budaya Prancis Printemps Francais tak terasa telah hadir selama 10 tahun di Indonesia.
Kali ini bertepatan dengan momen rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-721, IFI didukung Pemerintah Kota Surabaya mempersembahkan pagelaran kelompok tari Kubilai Khan Investigations yang digawangi Micheletti.
“Tarian seni kontemporer yang ditampilkan bersifat kompleks dengan mengusung konsep urban dan multikultur,” ujar Idio Chichava, salah seorang penari.
Chichava menambahkan, seni tari kontemporer milik Micheletti tergolong unik. Tidak ada alur khusus yang sengaja dibuat. Micheletti hanya memberikan penekanan untuk kemudian diintepretasikan ke dalam tarian.
Menariknya, musik yang digunakan sebagai pengiring direkam dari suara-suara beberapa kota di Indonesia, termasuk Surabaya. Pada kesempatan ini, pentas tari didesain untuk dua orang penari.
Selain Idio Chichava dari Mozambique, penari lain yakni Esse Vanderbruggen. Perempuan asal Belgia itu akan berbicara dengan Chichava tentang persamaan dan perbedaan persepsi mengenai dunia melalui beberapa tarian. [dre]

Tags: