Semen Indonesia Bagi Deviden 2,42 T

27-semen-indonesiaOptimis Target Penjualan Tercapai
Gresik, Bhirawa
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (Perseroan), memberikan dividen sebesar 45% atau Rp 2,42 triliun, dari laba bersih sebesar Rp 5,37 triliun tahun buku 2013. Nilai dividen tersebut, setara dengan Rp 407 per lembar saham, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan RUPST (“Rapat”) di Hotel JW Marriott, Jakarta, Selasa (25/3) malam.
Menurut Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto, bahwa dividen yang dibagikan tahun ini naik10,6% dibanding tahun lalu sebesar Rp 368 per lembar saham. Pembagian dividen, menjadi bukti nyata komitmen Perseroan untuk terus memberi manfaat yang optimal kepada pemegang saham.
Rapat juga menyetujui alokasi dana cadangan sebesar Rp2,95 triliun untuk pengembangan usaha Perseroan, serta menyetujui laporan tahunan mengenai keadaan dan jalannya perseroan, dan pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2013.
Mengesahkan laporan tahunan program kemitraan dan bina lingkungan tahun buku 2013. Menyetujui penunjukan kantor akuntan publik (KAP) Usman Bing Satrio & Eny, member firm of Deloite Touche Tohmatsu Limited untuk melaksanakan audit umum laporan keuangan perseroan 2014.
Audit laporan keuangan program kemitraan, dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2014. Juga perubahan pengurus perseroan yang baru, dengan komposisi dewan komisaris yakni Mahendra Siregar selaku komisaris utama, Hadi Waluyo, Muchammad Zaidun dan Farid Prawiranegara sebagai komisaris Independen. Untuk komisaris yakniAchmad Jazidie, Marwanto Harjowirjono serta. Wahyu Hidayat.
Ditambahkan Dwi, sedangkan jajaran direksi yakni direktur Utama tetap dijabat Dwi Soetjipto, dan 6 direktur lain yaitu Ahyanizzaman, Suharto, Suparni, Amat Pria Darma, Gatot Kustyadji serta Johan Samudra.
Dan saat ini perseroan merupakan produsen semen terbesar di Asia Tenggara, dengan kapasitas sebesar 30 juta ton semen pertahun dan penguasaan pasar domestik sebesar 44%. Untuk dapat bersaing dipasar ekspor, kinerja Thang Long Cement (TLCC) Vietnam. Telah berinovasi dengan memproduksi PCB 50, yang akan mengembangkan pasar ekspor baru ke Singapore, Laos dan Kamboja.
Optimis Capai Targtet
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) optimis dapat mencapai target volume penjualan semen tahun ini yang sebesar 31 juta ton. Penjualan semen SMGR ini meningkat ketimbang dengan capaian tahun 2013 yang sebesar 27,95 juta ton.
Rasa Optimis itu muncul karena volume penjualan semen pada kuartal I-2014 yang diproyeksikan di angka 6 juta hingga 7 juta ton. “Angka ini naik sekitar 8 hingga 9 persen jika dibandingkan dengan volume penjualan,” ucap Dwi.
Dia menjelaskan, meningkatnya volume penjualan semen perseroan¬† seiring dengan pembangunan di Indonesia yang semakin menunjukkan perkembangan positif. “Kondisi ini terhitung positif apabila melihat adanya cuaca banjir yang menghambat jaringan pengiriman distribusi semen pada Februari lalu,” kata dia.
Dengan mulai membaiknya cuaca, Dwi berharap stabilitas politik bisa menjamin kinerja penjualan semen emiten pelat merah ini dalam beberapa waktu ke depan.¬† “Stabilitas politik penting, dan biasanya permintaan semen akan meningkat pada semester II dan III,” pungkasnya. [nel.kim]

Rate this article!
Tags: