Sensus Penduduk Online Kecamatan Bumiaji Terganjal Kawasan Black Spot

Suasana sosialisasi Sensus Penduduk Online tahun 2020 di Pendopo Kecamatan Bumiaji

Kota Batu, Bhirawa
Kondisi alam di Kota Batu yang mayoritas daerah pegunungan membuat kawasan tertentu di kota ini menjadi kawasan black spot alias tidak terjangkau sinyal internet.
Akibatnya, program Sensus Penduduk Online tahun 2020 di wilayah Kota Batu menjadi terkendala dan tidak bisa dilakukan seratus persen. Hal ini mendesak Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batu untuk mencari solusi untuk sensus di wilayah black spot ini.
Diketahui, mayoritas wilayah black spot di Kota Batu berada di wilayah Kecamatan Bumiaji. Karena memang Kecamatan ini merupakan kumpulan Desa- Desa yang ada di pegunungan. Akibatnya, masih ada kawasan yang tidak terjangkau sinyal internet di Kecamatan ini khususnya dalam upaya pelaksanaan sensus penduduk online.
“Di antara kawasan di kecamatan Bumiaji yang tidak terakses internet antara lain, Desa Sumberbrantas, Dusun Brau, Desa Gunungsari, Dusun Rekesan, dan Desa Bulukerto,” ujar Koordinator Statistik Kecamatan Bumiaji, Arief Adi Siswanto, Senin (24/2). Dari hasil kajian yang dilakukan, wilayah yang belum terjangkau Internet di Kecamatan Bumiaji mencapai 30 persen.
Mengantisipasi hal tersebut BPS Kota Batu menggelar sosialisasi dalam upaya mencari solusi dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online di Pendopo Kecamatan Bumiaji. Salah satu solusi yang disiapkan adalah BPS sudah berkoordinasi dengan Pemerinta Desa untuk membantu memfasilitasi warganya yang rumahnya berada di daerah black spot.
Untuk menunjang solusi tersebut, BPS juga menyiapkan dua mitra BPS sebagai petugas jaga yang selalu standby atau siaga di masing-masing desa. “Petugas Mitra BPS ini bertugas untuk membantu warga yang kesulitan untuk mengakses Sensus Penduduk Online tahun 2020 ini,”jelas Arief.
Kemudian dalam sosialisasi Sensus Penduduk Online tahun 2020 di Kecamatan Bumiaji kemarin mengundang sembilan kepala desa di Kecamatan Bumiaji. Selain itu juga turut diundang Polsek Bumiaji, Danramil Bumiaji, Ketua TP PKK Se Kecamatan Bumiaji, Tenaga Sosial Kecamatan dan pegawai Kecamatan.
Dalam sosialisasi BPS juga menghimbau agar seluruh stake holder di Kecamatan untuk berperan aktif menyukseskan Sensus Penduduk Online tahun 2020 yang dimulai 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020. Untuk itu dijelaskan pula tahap-tahapan Sensus Wawancara untuk memberikan pelayanan bagi warga yang belum bisa mengikuti sensus penduduk secara online.(nas)

Tags: