September Lapter Bawean Dioperasikan

Gresik, Bhirawa
Jika tak ada perubahan lapangan terbang (Lapter) perintis di Pulau Bawean akan diresmikan September 2014 mendatang. Hal ini disampaikan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto saat memberi sambutan resepsi Hari Pers Nasional (HPN) ke 68 yang digelar Komunitas Wartawan Gresik (KWG), Kamis (27/2) kemarin.
Dalam sambutannya dihadapan ratusan undangan, selain menyinggung sejumlah proyek pembangunan yang ada di Kab Gresik, orang nomor satu di Pemkab Gresik ini juga mengatakan, Lapter Bawean akan diresmikan pada September mendatang. ‘’September nanti Lapter Bawean Isya Allah juga akan diresmikan,’’ kata bupati.
Sebenanya kabar akan diresmikannya Lapter Bawean ini bukan kali ini saja. Tapi kabar yang sama juga sudah berulang kali terdengar. Bahkan, terakhir sebelum Pilgub Jatim, menurut rencana Lapter sudah dioperasikan. Tapi hingga kini tak ada kepastian. Bahkan, Wakil Bupati Gresik, Moh Qosim juga pernah mengatakan, Lapter itu akan dioperasikan Juni 2014.
Pembangunan Lapter itu sudah mencapai 100%, termasuk pembangunan lanjutan runway, atau landasan pacu pesawat sepanjang 900 meter. Sebelumnya, molornya proses pembangunan Lapter itu terkendala pembebasan lahan serta penempatan 22 orang yang belum memiliki lokasi. Namun, masalah itu berhasil dileselesaikan Pemkab Gresik setelah berkerja sama dengan BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kab Gresik.
Sejumlah maskapai penerbangan bahkan dikabarkan sudah melakukan penjajagan dan menawarkan diri untuk melayani rute penerbangan menuju Pulau Bawean, pulau yang terpencil dari Gresik itu. Salah satunya adalah Lion Air. ‘’Selain Lion Air, ada sejumlah pula maskapai penerbangan lain yang berminat,’’ kata Wabup sebelumnya. [eri]

Rate this article!
Tags: