Seragam Khusus Cegah Juru Parkir Nakal

Sidoarjo, Bhirawa
Petugas Juru Parkir (Jukir) langganan yang nakal masih banyak di Sidoarjo. Maka awal tahun 2014 ini, Dinas Perhubungan Sidoarjo mewajibkan sekitar 500 petugas Jukir agarĀ  memakai baju khusus yang dibelakangnya bertuliskan gratis.
”Agar pengguna kendaraan roda dua dan roda empat di Sidoarjo tahu adanya parkir gratis,”’ kata Kepala Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo, Drs Joko Santosa, Rabu (12/3) kemarin.
Yang dilakukan ini, menurut Joko, untuk mencari cara agar petugas Jukir langganan, tak sampai nakal dengan terus menarik biaya pakir lagi, terhadap pengguna kendaraan dari Sidoarjo yang note bene menjadi peserta parkir langganan.
”Kalau dari luar Sidoarjo ditarik tidak apa-apa, itu harus, tapi yang dari Sidoarjo saya tegaskan tak boleh ditarik,” tegas Joko.
Diberi secara sukarelapun oleh pengguna parkir dari Sidoarjo, ditegaskan Joko, petugas tetap diingatkan agar jangan mau menerima. Karena bagi pengguna parkir langganan di Sidoarjo kharus tetap gratis. ”Kalau tetap diberi nanti bisa jadi kebiasaan dan keterusan,” katanya.
Menurut Joko, sekitar 500 Jukir langganan di Sidoarjo itu, tiap bulannya sudah mendapat gaji dari Dinas Perhubungan Sidoarjo. Maka kalau terbukti sampai menarik ongkos parkir bagi warga
Sidoarjo, mereka akan dikenai sanksi. Mulai dari peringatan satu kali hingga tiga kali namun bila masih tetap dilakukan, maka Jurkir itu bisa dipecat.
Joko memaparkan, sebelum memakai baju khusus warna merah jambu ini, ada papan peringatan yang dipasang, yang tujuannya untuk memperingatkan Jurkir itu agar tak narik pengguna kendaraan dari Sidoarjo. Namun dinilai Joko masih kurang maksimal. Sebab nyatanya masih ada
laporan dari warga Sidoarjo yang notebene jadi peserta parker berlangganan, tapi tetap ditarik biaya parkir oleh petugas.
”Segala cara dan upaya akan dilakukan terus untuk menghilangkan petugas parkir langganan yang masih nakal,” lanjut Joko.
Tahun 2014 ini Dinas Perhubungan Sidoarjo ditarget sebesar Rp24 miliar untuk melaksanakan program parkir berlanggganan.n [ali]

Tags: