Seribu Pelari Ramaikan Mandiri Banyuwangi Half Marathon

Pelari Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019 saat foto bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Surabaya, Bhirawa
Bank Mandiri berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar lomba lari internasional pertama Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019 yang diikuti seribu pelari dari dalam dan luar negeri.
Lomba lari Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019 merupakan upaya mengembangkan pariwisata di Banyuwangi sekaligus langkah awal menjadikan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi marathon di Indonesia dan internasional.
Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan dukungan BUMN, seperti Bank Mandiri dan perusahaan-perusahaan Negara lainnya terhadap event seperti ini sangat positif, karena langkah ini merupakan salah satu implementasi BUMN Hadir Untuk Negeri dimana peran aktif BUMN dapat membantu program pemerintah dalam mengembangkan destinasidestinasi wisata baru di Indonesia.
“Banyuwangi merupakan kota yang indah dengan berbagai kekayaan alam dan budayanya sehingga kami merasa perlu untuk ikut serta mengembangkan pariwisata di kota ini melalui olahraga lari yang sedang menjadi trend di dunia. Mudah-mudahan event yang didukung oleh perusahaan milik Negara ini dapat semain mengenalkan Banyuwangi ke tingkat internasional,” terangnya, Minggu (31/3).
Kartika menambahkan di kawasan lomba Mandiri Banyuwangi Half Marathon, masyarakat juga dapat mengikuti program aktivasi LinkAja untuk mendukung kampanye Cashless Society.
“Masyarakat akan mendapatkan edukasi penggunaan aplikasi LinkAja untuk melakukan berbagai transaksi kuliner dan lainnya di kawasan Taman Blambangan Banyuwangi,” ujarnya.
Dalam kegiatan tersebut masyarakat Banyuwangi juga sangat antusias menyambut ajang lari half marathon yang menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT Kementerian BUMN ini. Lebih dari 7 ribu orang memadati race village di Taman Blambangan Banyuwangi untuk melihat dan memberikan dukungan kepada para pelari. Tidak hanya di area lomba, dukungan masyarakat juga mengalir di sepanjang rute yang dilalui para pelari.
“Animo pecinta olahraga lari sungguh luar biasa mudah-mudahan . Dan kami akan berupaya agar ke depan Banyuwangi bisa menaikkan kembali kelasnya sebagai salah satu kota yang dapat menggelar lomba Marathon kelas dunia sehingga pariwisata di kota ini dapat semakin meningkat ke arah yang jauh lebih baik yang tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.
Sementara itu di sepanjang rute, pelari disuguhkan pemandangan alam Banyuwangi yang menarik dengan areal persawahan dan pegunungan. Berbagai atraksi juga disuguhkan oleh masyarakat setempat seperti tarian budaya tradisional hingga penampilan atraksi Barongsai dan Kungfu. [riq]

Tags: