Sering Jadi Sasaran Emosi

Agus Kuswara

Agus Kuswara

Agus Kuswara
Menjadi seorang petugas pelayanan di kantor pemerintah, memang harus bisa sabar . Walaupun masyarakat sampai marah dalam menyampaikan pengaduannya, apakah itu lewat telepon ataupun datang sendiri ke kantor. Sebab kalau tidak sabaran, bisa berabe jadinya.
“Saya ini sering jadi sasaran emosi masyarakat yang mengadu, ya bagaimana lagi , itu saya jalani karena memang sudah jadi tugas,’’cerita Agus Kuswara, staf Humas Prokol Pemkab Sidoarjo yang bertugas di Sekretrariat Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) di Jl Sultan Agung No 17 Sidoarjo saat menceritakan pengalamannya bertahun-tahun itu.
Kalau sampai petugas terpancing dan terbawa emosi, kata Agus, maka masyarakat akan semakin tidak percaya dengan pemerintah. Diakui pria kelahiran Cimahi, Jawa Barat itu, melayani pengaduan masyarakat yang emosional memang makan hati. Tapi ia memaklumi, tipe tiap orang berbeda-beda. Ada yang sabar, tapi ada juga yang emosionalan.
“Saat kejadian lumpur Lapindo, banyak pengaduan. Mereka semua emosi, padahal saya juga termasuk korban lumpur Lapindo, rumah saya di Perumtas Tanggulangin tenggelam,’’ kata pria yang pernah jadi PNS di Provinsi Timor-Timur itu saat masih gabung dengan RI.
Ia juga masih ingat ada juga warga yang penuh emosional menelepon ke P3M Sidoarjo terkait kerusakan jalan. Warga itu mengelukan Indonesia sudah merdeka sejak 1945 silam, tapi di Sidoarjo masih banyak jalan yang rusak.
Tapi menurutnya penelepon itu juga orang sportif, sebab begitu ada perbaikan jalan, dan kondisi jalan bagus, ia kembali meneleponnya dan mengucapkan terima kasih. Bahkan mengundang Agus untuk datang syukuran tumpeng, sayang dia tidak bisa hadir karena terbentur aktivitas kantor. [kus]

Rate this article!
Sering Jadi Sasaran Emosi,5 / 5 ( 1votes )
Tags: